Umi Mastikah: TNI harus semakin profesional layani rakyat

id palangka raya,umi mastikah,hut tni,TNI harus semakin profesional layani rakyat

Umi Mastikah: TNI harus semakin profesional layani rakyat

Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Umi Mastikah meminta Tentara Nasional Indonesia (TNI) semakin profesional dalam melaksanakan tugas dan fungsinya menjaga pertahanan negara serta dalam melayani rakyat.

"Melalui momen HUT ke-74 yang jatuh pada 5 Oktober ini, kami berharap jajaran TNI, termasuk yang bertugas di wilayah Kota Palangka Raya meningkatkan profesionalitas dalam melaksanakan tugas menjaga negara dan melayani masyarakat," kata Umi di Palangka Raya, Rabu.

Menurut Wakil Wali Kota wanita pertama di Palangka Raya ini, TNI memiliki peran yang strategis di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sehingga tak terpisahkan dari berbagai sisi kehidupan.

Di sisi lain, Umi juga meminta TNI semakin gencar melaksanakan program peningkatan wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional serta wawasan pengamalan nilai-nilai Pancasila terutama di kalangan generasi muda.

Namun upaya tersebut juga harus didukung dengan keterlibatan pihak terkait lainnya sehingga "Kota Cantik" semakin maju dan tahan terhadap berbagai ancaman dan tantangan di masa depan.

Menurut Umi yang juga politisi Demokrat itu, TNI sudah menunjukkan dedikasinya kepada rakyat dan bangsa ini termasuk berkontribusi dalam pembangunan di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah.

Salah satunya bentuk keterlibatan TNI ialah program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD). TNI bersama masyarakat membangun infrastruktur di kawasan pinggiran sehingga TNI makin mendapat tempat di hati masyarakat.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga mengingatkan agar seluruh komponen bangsa untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Dia juga mengharapkan agar seluruh komponen bangsa untuk saling menghargai, menghormati dan menyadari perbedaan serta menjadikan kekuatan, bahu-membahu dalam pembangunan.