SMAN 1 Muara Teweh deklarasi sebagai Sekolah Ramah Anak

id sman 1 muara teweh,deklarasi,sekolah ramah anak,kepala sman 1 muara teweh

SMAN 1 Muara Teweh deklarasi sebagai Sekolah Ramah Anak

SMAN 1 Muara Teweh melaksanakan deklarasi Sekolah Ramah Anak (SRA), di halaman sekolah setempat di Muara Teweh, Sabtu (30/11/2019).ANTARA/Istimewa

Muara Teweh (ANTARA) - Siswa SMAN 1 Muara Teweh Kabupaten Barito Utara  mendeklarasikan sebagai Sekolah Ramah Anak (SRA) yang dilaksanakan di halaman di Muara Teweh, Sabtu.

Kegiatan deklarasi tersebut dihadiri dr Fahmi Syamsul Kepala Bidang Perlindungan Hak Perempuan dan Pemenuhan Hak Anak pada Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disdalduk KB dan P3A) setempat.

Kepala SMAN 1 Muara Teweh Razikinnor mengatakan deklarasi yang dilakukan ini sebagai bentuk komitmen sekolah dalam pemenuhan hak-hak anak dan upaya menyukseskan program Kabupaten Barito Utara layak anak.

"Alhamdulillah, di SMAN 1 Muara Teweh telah mendeklarasikan sekolah ramah anak. Dimana deklarasi ini bertujuan agar hak-hak anak bisa betul-betul terpenuhi dan didalamnya terkait tidak ada lagi sistem kekerasan atau dikenal dengan istilah bullying dan body shaming," katanya.
 
Kepala SMAN 1 Muara Teweh Razikinnor (kedua kanan) dan Kepala Bidang Perlindungan Hak Perempuan dan Pemenuhan Hak Anak dr Fahmi Syamsul (ketiga kiri) serta sejumlah guru foto bersama di belakang spanduk dukungan Sekolah Ramah Anak di sekolah setempat di Muara Teweh, Sabtu (30/11/2019).ANTARA/Istimewa

Sejauh ini, kata dia, belum pernah ada kejadian bullying dan body shaming ini, namun alangkah baiknya juga membuat deklarasi lagi atau kesepakatan bersama bahwa itu tidak terjadi di SMAN 1 Muara Teweh.

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Kalteng Sugianto Sabran , Dinas Pendidikan Provinsi, Bupati Barito Utara Nadalsyah serta Disdalduk KB dan P3A Barito Utara yang telah mempercayakan sekolah ini sebagai tempat deklarasi ramah anak.

"Terkait dengan sekolah ramah anak ini kami sudah punya enam program sekolah unggulan yaitu pertama sekolah kewirausahaan, kedua sekolah rujukan, ketiga sekolah zonasi, keempat sekolah siaga kependudukan, kelima sekolah ramah anak dan keenam atau terakhir adalah sekolah IT," ungkapnya.

Sementara itu, Kadisdalduk KB dan P3A Barut Hj Siti Nornah Irawati melalui Kepala Bidang Perlindungan Hak Perempuan dan Pemenuhan Hak Anak dr Fahmi Syamsul mengatakan, kegiatan deklarasi ramah anak di SMAN 1 Muara Teweh ini sebagai tindak lanjut dari program Kabupaten Layak Anak (KLA).

"Dengan adanya deklarasi ini diharapkan menjadi sekolah percontohan yang mengedepankan ramah anak dengan tidak ada terjadi bullying dan body shaming. Dengan demikian pemenuhan perlindungan hak perempuan dan pemenuhan hak anak,"ujar Fahmi.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar