Tundukan Laos, Indonesia amankan tiket semifinal

id Tim nasional Indonesia U-22,SEA Games 2019,timnas Indonesia amankan tiket semifinal

Tundukan Laos, Indonesia amankan tiket semifinal

Pemain Timnas U-22 Indonesia Saddil Ramdani (kedua kiri) melakukan selebrasi bersama rekan setimnya seusai mencetak gol ke gawang Timnas Laos dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion City of Imus Grandstand, Filipina, Kamis (5/12/2019). Timnas U-22 Indonesia berhasil melaju semifinal setelah mengalahkan Laos 4-0. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp.

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Indonesia U-22 mengamankan tiket semifinal setelah menundukkan Laos dengan skor 4-0, dalam pertandingan terakhir Grup B SEA Games 2019, Kamis.

Tambahan tiga poin membawa Indonesia naik ke peringkat kedua klasemen akhir, setelah pada pertandingan yang dimainkan dalam waktu berbarengan Vietnam bermain imbang 2-2 dengan Thailand.

Pada klasemen akhir, Vietnam menjadi juara grup dengan 13 poin, Indonesia di peringkat kedua dengan 12 poin, sedangkan Thailand di peringkat ketiga dengan 10 poin.

Indonesia akan berhadapan dengan juara Grup A Myanmar pada semifinal yang dimainkan Sabtu (7/12) sore. Sedangkan Vietnam akan bertemu Kamboja pada hari yang sama.

Baca juga: Supoter Indonesia di Filipina cuti demi saksikan Timnas

Garuda Muda membuka keunggulan saat pertandingan baru berlangsung lima menit melalui gol Saddil Ramdani,seperti dipantau dari siaran langsung.

Saat itu posisi Indonesia belum aman karena Thailand sedang unggul dua gol atas Vietnam berkat gol Supachai Jaided dan Suphanat Mueanta. Keunggulan yang membawa Thailand untuk sementara memuncaki klasemen grup.

Namun, Vietnam mampu memperkecil ketertinggalannya pada menit ke-15 melalui gol Nguyen Tien Linh. Gol itu membawa Vietnam kembali ke puncak klasemen Grup B.

Indonesia kembali membobol gawang Laos pada menit ke-47, kali ini melalui upaya Osvaldo Haay. Gol tersebut sekaligus membawa Indonesia menggeser Vietnam untuk turun ke peringkat kedua.

Vietnam kemudian mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui eksekusi penalti Nguyen Tien Linh. Gol yang mengembalikan Vietnam ke posisi teratas klasemen.

Baca juga: Pelatih sebut kekalahan Timnas U-22 karena taktik tak berjalan

Indonesia memperbesar keunggulan mereka atas Laos berkat eksekusi penalti kapten Andy Setyo. Penalti itu sempat diulang, namun Andy mampu menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Menjelang pertandingan usai, Osvaldo mengemas gol keduanya di pertandingan ini. Untuk memastikan keunggulan besar Indonesia atas Laos, sekaligus mengamankan jalan ke semifinal.

Thailand yang merupakan juara bertahan medali emas sepak bola SEA Games harus pulang lebih awal karena hanya berada di peringkat ketiga.

Susunan pemain:

Indonesia: Nadeo Argawinata, Andy Setyo, Nurhidayat, Bagas Adi, Evan Dimas, Zulfiandi, Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani, Osvaldo Haay

Laos: Solasak Thilavong, Bounphitak Chanthalasangsy, Kittisak Phomvongsa, Loungleuang Keophovoung, Aphixay Thanakhanty, Kaharn Phetsivilay, Vanna Bounglovongsa, Somsavath Sophabimixay, Somlith Sengvanny, Soukaphone Vongchiengkham, Somxay Keohanam

Baca juga: Miyabi jadi rebutan foto pendukung Timnas Indonesia

Baca juga: Mentalitas timnas U-22 terjaga usai kalahkan Thailand

Baca juga: Timnas U-22 Indonesia kalahkan Thailand di SEA Games