Musim Mas Group kembali mendapat penghargaan peduli penanggulangan karhutla

id Musim Mas Group kembali mendapat penghargaan peduli penanggulangan karhutla,Sukajadi Sawit Mekar,Musim Mas Sawit,Karhutla,Kebakaran hutan dan lahan,Bu

Musim Mas Group kembali mendapat penghargaan peduli penanggulangan karhutla

Bupati H Supian Hadi menyerahkan penghargaan kepada General Manager Musim Mas Group Regional Kalimantan Tengah Rusli Salim atas kepedulian perusahaan terhadap pencegahan dan penanggulangan karhutla, Selasa (7/1/2020). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Perusahaan perkebunan besar kelapa sawit Musim Mas Group kembali mendapat penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur atas atas peran aktifnya dalam mendukung dan melaksanakan program pencegahan dan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur tahun 2019.

"Kami sangat berterima kasih atas partisipasi dan kepedulian selama ini. Musim Mas Group dan semua anak perusahaannya konsisten membantu pemerintah daerah dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan," kata Bupati H Supian Hadi saat menyerahkan penghargaan tersebut, Selasa.

Penghargaan diserahkan oleh Supian Hadi kepada General Manager Musim Mas Group Regional Kalimantan Tengah Rusli Salim saat ramah tamah peringatan Hari Ulang Tahun ke-67 Kabupaten Kotawaringin Timur di Stadion 29 November Sampit.

Ini adalah penghargaan kedua yang diterima Musim Mas Group. Tahun 2017 lalu, perusahaan yang membawahi perusahaan PT Sukajadi Sawit Mekar, PT Maju Aneka Sawit, PT Globalindo Alam Perkasa dan PT Unggul Lestari ini merupakan satu-satunya perusahaan yang menerima penghargaan serupa yang saat itu diserahkan oleh Wakil Bupati HM Taufiq Mukri.

Supian mengatakan pemerintah daerah tidak akan mampu sendirian mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan. Perlu dukungan semua pihak, termasuk perusahaan besar swasta yang mempunyai peran besar menjaga areal mereka dan desa sekitar perusahaan mereka.

Pemerintah daerah mengapresiasi komitmen Musim Mas Group karena sudah beberapa tahun terakhir gencar membantu pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Komitmen dan konsistensi ini diharapkan menjadi contoh bagi perusahaan besar lainnya. Kebakaran hutan dan lahan adalah masalah serius yang harus dihadapi bersama agar dampak buruk seperti kabut asap tidak terjadi lagi.

"Kami juga berterima kasih karena Musim Mas Group menjalankan CSR (program tanggung jawab sosial perusahaan) kepada masyarakat sekitar perusahaan. Kami berharap program itu terus dilaksanakan berkelanjutan karena sangat membantu masyarakat," kata Supian.

General Manager Musim Mas Group Regional Kalimantan Tengah Rusli Salim mengatakan, perusahaannya sangat serius dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Tidak hanya menjaga areal perusahaan agar tidak terbakar, perusahaan juga membantu desa-desa di sekitar perusahaan untuk menjaga wilayahnya agar tidak terbakar, khususnya saat kemarau.

 
Wakil Bupati HM Taufiq Mukri menyerahkan penghargaan kepada petinggi PT Maju Aneka Sawit, PT Sukajadi Sawit Mekar, PT Unggul Lestari dan PT Globalindo Alam Perkasa atas kepedulian perusahaan terhadap pencegahan dan penanggulangan karhutla pada 2017 lalu. ANTARA/HO-Dokumentasi PT SSM


"Kami berterima kasih karena ternyata Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur juga mengapresiasi upaya kami selama ini. Kami menyadari bahwa dampak kebakaran hutan dan lahan akan merugikan kita semua, makanya perusahaan kami sangat gencar dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan," kata Rusli Salim.

Musim Mas Group dan seluruh anak perusahaannya menjalankan program yang mereka beri nama Masyarakat Bebas Api. Program ini berupa pembinaan dan mengajak masyarakat desa untuk bersama-sama menjaga desa masing-masing agar terhindar dari kebakaran hutan dan lahan.

Melalui program ini, perusahaan memberikan bantuan berupa peralatan pemadam kebakaran untuk tim pemadam kebakaran desa. Harapannya, tim tersebut bisa dengan cepat menanggulangi jika terjadi kebakaran sehingga api tidak sampai meluas.

Perusahaan juga membuat nota kesepakatan dengan desa-desa sekitar perusahaan untuk bersama-sama mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan. Bagi desa yang berhasil mencegah kebakaran hutan dan lahan selama satu tahun masa perjanjian itu maka akan diberi hadiah oleh perusahaan.

Musim Mas Group juga rutin menggelar apel siaga kebakaran hutan dan lahan serta penyuluhan bahaya kebakaran. Perusahaan dan masyarakat desa sepakat untuk bersama-sama mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.

Baca juga: Siaga karhutla, Musim Mas Group gelar apel dan beri penghargaan desa bebas api

Baca juga: PT Sukajadi Sawit Mekar kerahkan truk tangki bantu Satgas Karhutla Kalteng

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar