Garuda siap evakuasi WNI di luar Wuhan kembali ke Tanah Air

id Garuda, evakuasi wni dari china, wni di wuhan, virus corona

Garuda siap evakuasi WNI di luar Wuhan kembali ke Tanah Air

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra menjadi narasumber diskusi bertema Semangat Baru Garuda di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Diskusi tersebut membahas langkah-langkah kedepan komisaris dan direksi baru dalam membenahi Garuda Indonesia. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/pras.

Jakarta (ANTARA) - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyatakan kesediaannya untuk mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari sejumlah provinsi di China selain Hubei untuk kembali ke Tanah Air.

"Kalau pemerintah minta ke Garuda untuk evakuasi WNI dari kota lain di China, Garuda siap," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra ditemui usai rapat kerja (raker) Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan DPR di Jakarta Rabu.

Irfan memaparkan pihaknya tidak dapat melakukan penerbangan ke Hubei karena Garuda Indonesia belum memiliki rute tersebut.

"Kalau di Hubei, kami tidak punya rute penerbangan ke sana," ucap Irfan.

Baca juga: Menhub jelaskan alasan penjemputan WNI di Wuhan dengan Batik Air

Ia menambahkan pihaknya juga siap melakukan pemulangan WNI yang saat ini sedang direhabilitasi di Natuna. Garuda akan mengikuti instruksi dari regulator.

Kendati demikian, Irfan mengaku pihaknya belum mendapatkan arahan dari pemerintah terkait pemulangan WNI ke daerah.

Ia menambahkan salah satu yang menjadi kendala nantinya adalah landasan pacu di Natuna yang tidak bisa didarati pesawat berbadan lebar milik Garuda.

Baca juga: Wabah virus Corona meluas, Garuda Indonesia tingkatkan kewaspadaan

"Belum dibicarakan pemulangan dari Natuna. Tapi balik lagi kita siap. Kita punya flight ke Batam," ucap Irfan.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan evakuasi akan dilakukan dengan hati-hati dan mempertimbangkan rekomendasi dari kementerian dan lembaga terkait.

Tercatat, terdapat 238 WNI yang baru dijemput dari Wuhan, Hubei, China, beberapa waktu lalu karena wabah Virus Corona.