Forum Anak Gumas diberi kesempatan sampaikan usulan saat musrenbang

id Forum Anak Gumas diberi kesempatan sampaikan usulan saat musrenbang,Gunung Mas,Forum Anak

Forum Anak Gumas diberi kesempatan sampaikan usulan saat musrenbang

Anggota DPRD Gumas Sri Yeni (kanan kedua), Sahriah (kiri kedua), Cici Susilawati (kiri ketiga), Ketua Forum Anak Gumas Aulia Bintang (kanan ketiga), Kepala SMPN 1 Rungan Sudarso (kanan),dan lainnya berfoto usai Musrenbang Kecamatan Rungan, Selasa (18/2/2020). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua Forum Anak Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah Aulia Bintang menyampaikan sejumlah usulan saat pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan Rungan, di aula kantor kecamatan setempat.

“Usulan pertama adalah menjadikan Kecamatan Rungan yang ramah dan layak anak,” ucap Aulia di hadapan Pemerintah Kabupaten Gumas, Selasa. 

Acara itu dipimpin Camat Rungan Osner Sagala dan dihadiri puluhan undangan. Beberapa usulan disampaikan Forum Anak dalam rapat tersebut.

Usulan selanjutnya adalah membangun sarana dan prasarana kesenian di Kecamatan Rungan, atau di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rungan, serta membangun sarana olahraga di kecamatan itu.

Menurutnya, anak-anak di Kecamatan Rungan memerlukan berbagai sarpras penunjang, untuk menyalurkan bakat mereka di bidang seni dan olahraga. Dengan demikian, diharapkan mereka dapat menggunakan waktu luang untuk hal positif.

Anggota DPRD Kabupaten Gumas Sri Yeni menyambut baik usulan dari Forum Anak tersebut. Menurutnya, usulan yang disampaikan sangat baik dan perlu mendapat dukungan dari seluruh pihak.

“Nantinya usulan tersebut akan kami bahas lagi di musrenbang tingkat kabupaten,” beber legislator yang berasal dari daerah pemilihan II yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini.

Osner Sagala menerangkan, saat ini Pemerintah Kecamatan Rungan memang belum memiliki sarpras penunjang untuk menyalurkan minat dan bakat generasi muda pada bidang kesenian serta olahraga.

Pemerintah kecamatan memiliki Pagu Indikatif Kecamatan, hanya saja jumlahnya terbatas sehingga penggunaannya diprioritaskan untuk bidang lain yang lebih mendesak. Diapun berharap usulan dari Forum Anak dapat dipenuhi.

Baca juga: Masyarakat Gunung Mas diminta manfaatkan pelatihan keterampilan kerja

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Gumas Isaskar mengatakan, Forum Anak dapat dikatakan perwakilan dari anak-anak, sehingga mereka diberi kesempatan untuk menyampaikan usulan-usulan mereka.

Dia menjelaskan, Forum Anak telah terbentuk hingga di tingkat kecamatan. Ada lima kecamatan di Kabupaten Gumas yang telah terbentuk Forum Anak, yakni Sepang, Kurun, Tewah, Rungan, dan Manuhing.

Saat pelaksanaan musrenbang di Kecamatan Sepang, Kurun, dan Tewah yang telah selesai diselenggarakan baru-baru ini, Forum Anak tingkat di kecamatan juga telah menyampaikan usulan mereka masing-masing.

“Aulia Bintang merupakan Ketua Forum Anak Kabupaten Gumas, namun pada kesempatan ini dia menyampaikan usulan untuk kepentingan anak-anak Kecamatan Rungan. Rencananya saat musrenbang di Manuhing usulan akan disampaikan oleh Ketua Forum Anak Kecamatan Manuhing,” demikian Isaskar.

Baca juga: Masyarakat Gumas diminta lakukan Sensus Penduduk SP2020 secara online

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar