DPRD Kalteng pantau sejumlah kegiatan pemprov di Barsel

id Pemkab barsel, barsel, barito selatan, buntok, pembangunan, dprd kalteng

DPRD Kalteng pantau sejumlah kegiatan pemprov di Barsel

Ketua Komisi I DPRD Kalteng Fredy Ering (kiri depan), Sekda Barsel Eddy Purwanto (tengah) dan Ketua Komisi III DPRD Kalteng Duwel Rawing saat pertemuan di Buntok, Kamis, (5/3/2020). (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Komisi I dan III DPRD Kalimantan Tengah melaksanakan kunjungan kerja memantau sejumlah kegiatan pembangunan dan pelayanan yang dilaksanakan pemerintah provinsi di Kabupaten Barito Selatan.

"Dalam kegiatan ini, kami ingin melihat perkembangan kegiatan-kegiatan pembangunan dan pelayanan yang dilaksanakan pemprov di Barsel," kata Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Fredy Ering di Buntok, Kamis.

Ia mengatakan, selain melakukan pemantauan, pihaknya juga berkoordinasi dengan pemkab terkait visi misi dan skala prioritas pembangunan yang mendesak, serta memerlukan bantuan dan dukungan dari pemprov.

"Pada intinya kami akan terus mendorong pemprov mendukung Pemkab Barsel dalam pembangunan," ucap Fredy Ering.

Ia juga menyampaikan, dalam kunker itu, Komisi I meninjau operasional Bank Pembangunan Kalteng, hingga lokasi pelayanan Kantor Samsat. Kemudian meninjau Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, kantor perizinan dan kantor kecamatan di wilayah ini.

Pemantauan ke sejumlah tempat pelayanan itu penting dilakukan, karena besar peranannya demi kelancaran pembangunan dan jalannya pemerintahan. Sedangkan Komisi III yang diketuai Duwel Rawing memantau rumah sakit, termasuk meninjau objek wisata susur sungai.

"Kami juga mendukung Pemkab Barsel melaksanakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat provinsi di daerah ini nantinya," katanya.

DPRD Kalteng juga sangat mendukung rencana pemkab yang ingin memperpanjang landasan pacu Bandara Sanggu Buntok, sebab sangat penting demi menunjang kelancaran investasi dan transportasi.

Selain itu, pihaknya akan memantau jalan negara, sebab ada yang kondisinya masih sempit dan perlu diperlebar, karena akibat sempitnya jalan menyebabkan banyak terjadi kecelakaan.

Sementara itu Sekretaris Daerah Barito Selatan, Eddy Purwanto mengucapkan terima kasih atas kunjungan kerja anggota DPRD Kalteng ke wilayah setempat.

"Kami berharap adanya kunjungan kerja ini akan menjadi bahan untuk mengambil keputusan, dalam membantu pembangunan di Barsel pada masa yang akan datang," katanya.