Kenali gejala corona yang terjadi pada kulit

id gejala corona,covid 19,Kenali gejala corona yang terjadi pada kulit

Kenali gejala corona yang terjadi pada kulit

Ilustrasi gejala dan pencegahan COVID-19 (ANTARA/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Saat ini gejala seseorang terinfeksi SARS-CoV-2 yang menyebabkan pandemi COVID-19 pada beberapa waktu terakhir, secara perlahan diketahui beragam gejalanya, termasuk pada kulit.

Gejala pada kulit yang bisa diamati termasuk gatal-gatal, kulit merah yang menyakitkan, ungkap Persatuan Dermatologi Nasional Prancis.

“Analisis dari banyak kasus yang dilaporkan ke SNDV (Persatuan Nasional Dermatologis-Venereologis Prancis) menunjukkan, manifestasi ini berhubungan dengan virus novel corona, ”kata juru bicara dari SNDV seperti dilansir Medical Daily.

Baca juga: Tom Hanks ungkap gejala virus corona yang dialaminya

Di sisi lain, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC juga melaporkan bibir atau wajah kebiruan sebagai gejala COVID-19.

Gejala lainnya, yakni demam, batuk dan sesak napas mungkin muncul dua hingga 14 hari setelah paparan virus.

Gejala lain termasuk kesulitan bernafas, nyeri atau tekanan yang terus-menerus di dada, bingung.

SARS-CoV-2 umumnya menyerang sistem pernapasan dan menargetkan paru-paru serta dan organ lain yang terhubung. Karena itu, gejala penyakit biasanya muncul sebagai batuk terus-menerus, sesak napas, demam, gejala mirip flu dan sakit kepala.

Gejala lainnya, hilangnya kemampuan mencium bau dan mengecap, karena virus mengacaukan sel-sel kita yang bertanggung jawab untuk bau dan rasa, lalu diare dan lesi pada kaki.

Baca juga: Gejala corona bisa dilihat dari kaki

Baca juga: Teknik bernapas saat sesak karena gejala corona dari JK Rowling

Baca juga: Begini penjelasan penularan COVID-19 dari individu tanpa gejala