Bolehkah makan pedas lagi setelah mengalami sakit lambung?

id sakit lambung,asam lambung,makan pedas,Bolehkah makan pedas lagi setelah mengalami sakit lambung?

Bolehkah makan pedas lagi setelah mengalami sakit lambung?

Ilustrasi - Makanan pedas. (Istimewa) (Istimewa/)

Jakarta (ANTARA) - Para dokter kerap mendapatkan pertanyaan dari pasien sakit lambung, apakah boleh kembali menyantap makanan pedas atau mengandung cabai setelah pulih? Boleh atau tidak?

"Makan cabai lagi bisa, tapi enggak bisa berlebihan," ujar dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastro entero hepatologi, Prof. Ari Fahrial Syam dalam sesi bincang melalui Instagram Live, Senin (25/5) malam.

Tak hanya cabai, mereka yang pulih dari nyeri lambung juga bisa mengkonsumsi makanan seperti cokelat dan keju namun dengan porsi tak berlebihan karena lambungnya sensitif dan berisiko membuat penyakit lambung kambuh.

Baca juga: Penderita maag disarankan jangan makan ini selama puasa

Di sisi lain, beberapa orang terutama usai Lebaran suka mengeluhkan nyeri bagian perut kanan atas. Menurut Ari, ada berbagai faktor salah satunya masalah di liver. Untuk memastikan, sebaiknya segeralah melakukan USG pada perut Anda.

Usai Ramadhan dan Lebaran biasanya sederet masalah muncul. Penyakit yang sudah terkontrol saat Ramadhan hadir, belum lagi penyakit baru dan semua ini penyebabnya faktor makanan.

"Biasanya dalam dua hari makanan Lebaran masih banyak di meja misalnya rendang, gulai dan yang jadi masalah makanan ini dipanasin lagi. Apa yang terjadi? Semakin pekat (santan) nilai garam semakin tinggi, kandungan kolesterol lebih meningkat oleh karena itu maka harus menjadi perhatian masyarakat," tutur Ari.

Baca juga: Kenali bahaya dari kenaikan asam lambung

Perhatikan asupan makanan berlemak, manis, kurang serat, konsumsi jeroan, lalu seafood yang bisa mempengaruhi kadar asam urat. Belum lagi konsumsi makanan dari bahan daging berlebihan, menyebabkan kadar kolestrol lebih tinggi, buang air besar jadi tidak lancar.

Selain faktor makanan, kebiasaan langsung tidur setelah makan juga bisa memunculkan masalah kesehatan salah satunya refluks asam lambung. Agar ini tak terjadi sebaiknya beri jeda dua jam sebelum Anda tidur malam.

Baca juga: Penyebab dan obat maag kronis sesuai dengan kondisinya

Baca juga: Amankah konsumsi obat maag saat puasa?

Baca juga: Makan pedas sebabkan penyakit maag, mitos atau fakta?