Pizza dan Popeye jadi bagian dalam sejarah game Pac-Man

id game Pac-Man,Pizza dan Popeye,Pizza dan Popeye jadi bagian dalam sejarah game Pac-Man

Pizza dan Popeye jadi bagian dalam sejarah game Pac-Man

Japan's game development company Bandai Namco Games vice president Shin Unozawa speaks next to a screen displaying images from its Pac-man title for Xbox 360 during a news conference in Tokyo April 6, 2006. Microsoft Corp.'s Japan unit said on Thursday that Xbox 360 game console users will have more than three times as many game titles available by December as now, a move seen as preparing itself for an upcoming battle with Sony Corp.'s PlayStation 3. REUTERS/Yuriko Nakao (REUTERS/Yuriko Nakao)

Jakarta (ANTARA) - Empat puluh tahun lalu, Pac-Man lahir sebagai game yang sederhana.

Namun siapa sangka, yang terinspirasi dengan potongan pizza dan karakter Popeye itu menjadi salah satu permainan berjenis arcade tersukses sepanjang masa.

Konsepnya sederhana, tokoh berbentuk bulat dengan mulut yang membuka dan menutup harus menghabiskan titik di dalam labirin, sambil menghindari empat hantu bernama Blinky, Pinky, Inky dan Clyde, dilansir AFP pada Senin (25/5).

Permainan itu awalnya disebut Puck-Man (berasal dari kata "paku" yang berarti melahap dalam bahasa Jepang). Namanya berubah menjadi Pac-Man setelah game itu dirilis di Amerika Serikat.

Baca juga: Trik main game tanpa 'lag' di Windows 10

Alasan mengubah namanya pun sederhana, dikhawatirkan nama game itu akan "diplesetkan" dengan huruf awal "F" bukan "P".

Pizza dan Popeye
Toru Iwatani, perancang game Pac-Man membuat game itu setelah ia mengambil sepotong pizza.

Lingkaran pizza yang tidak utuh terlihat seperti kepala dengan mulut yang terbuka. Hal sederhana itu yang mengispirasi bentuk Pac-Man, bahkan hingga mendunia.

Edisi awal Pac-Man hadir di sebuah bioskop Shibuya, Tokyo, dengan sasaran konsumen kaum wanita. Padahal saat itu game arcade didominasi oleh pemain pria.

"Para wanita dan pasangannya sangat senang bermain di mesin itu, mereka sangat bersemangat. Mereka datang dan bermain, jadi kami berpikir bahwa target kami sangat sesuai dan benar," kata Iwatani.
Pac-Man (Pixabay)


Baca juga: Belanja game di AS tembus rekor baru imbas dari COVID-19

Iwatani mengatakan bahwa Pac-Man tidak menyasar kalangan pencinta game yang bermain setiap hari.

"Ini untuk orang-orang yang tidak main game setiap hari, yakni perempuan, anak-anak, orang tua," katanya.

Iwatani menjelaskan, Pac-Man juga terinspirasi dari karakter Popeye yang menjadi kuat setelah memakan bayam. Maka Pac-Man dapat mengalahkan musuhnya setelah memakan titik tertentu di dalam labirin.

Pac-Man diakui Guinness World Records sebagai game arcade yang dimainkan dengan koin tersukses sepanjang masa.

Seperti film, Pac-Man dikembangkan menjadi beberapa spin off antara lain "Pac'n Roll", "Ms Pac-Man", "Pac-in-Time" dan "Pac Panic", yang dijalankan oleh perusahaan Bandai Namco.

Baca juga: Berikut harga ponsel ramah kantong hingga cocok buat main game

Perusahaan mengklaim bahwa Pac-Man merupakan salah satu karakter game "paling dikenal di planet ini".

Menurut Wired, "skor sempurna" Pac-Man adalah 3.333.360 poin.

Hasil itu hanya mungkin dicapai apabila pemain mencapai level akhir tanpa kehilangan nyawa dan harus memakan setiap titik, buah, dan hantu.

"Itu sangat monoton," kata Wired mengutip pemegang rekor pertama, Billy Mitchell.

Ulang tahun Pac-Man ke-40 dirayakan dengan tagar khusus di Twitter Jepang,.


Baca juga: PUBG Mobile adakan kompetisi merancang pakaian dalam game

Baca juga: Usir bosan dengan game di Google Doodle

Baca juga: Industri gim alami kenaikan di tengah pandemi COVID-19

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar