Normal baru merupakan pilihan yang harus ditempuh di Barsel

id Pemkab barsel, barito selatan, buntok, eddy raya samsuri, normal baru, new normal

Normal baru merupakan pilihan yang harus ditempuh di Barsel

Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri. (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri mengatakan normal baru atau 'new normal' merupakan opsi atau pilihan yang harus ditempuh.

"Beberapa ahli dan pakar kesehatan dunia memastikan terkait pandemi COVID-19, kemungkinan paling cepat ditemukan vaksin pada 2021," katanya saat rapat koordinasi teknis dalam rangka sosialisasi tatanan kehidupan baru di Buntok, Jumat.

Artinya lanjut dia, masyarakat dan semua pihak harus menjalani kehidupan baru dengan beradaptasi pada situasi pandemi, hingga tahun depan atau lebih.

Oleh karenanya, perubahan perilaku akan menjadi kunci optimisme dalam menghadapi Corona Virus Disease COVID 19 (COVID-19), dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Barito Selatan adalah salah satu kabupaten yang kemungkinan besar akan melaksanakan kehidupan normal baru.

Sebagai kepala daerah, dirinya bertanggung jawab terhadap keadaan dan kondisi daerah, baik secara ekonomi, sosial, kemasyarakatan, serta keagamaan.

"Kita sadar betul, bahwa wabah masih ada, namun di sisi lain, kita juga harus memahami bahwa masyarakat juga perlu beraktivitas, baik untuk kegiatan ekonomi, sosial kemasyarakatan dan keagamaan," ungkapnya.

Oleh karena itu, melalui forum ini, perlu menyampaikan kebijakan pemerintah khususnya Pemkab Barsel yang akan tetap fokus mengatasi penyebaran COVID-19.

Namun di sisi lain akan tetap memerhatikan aktivitas ekonomi, sosial, serta keagamaan agar dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Kebijakan konkretnya, secara bertahap pihaknya akan membuka kembali kegiatan rumah ibadah seperti masjid, gereja dan rumah ibadah lainnya.

Setelah itu lanjut dia, akan dibuka secara bertahap aktivitas perkantoran, restoran, hotel, transportasi, sekolah dan lainnya yang tentu semuanya dilakukan dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.