Pemprov Kalteng raih juara tiga nasional sektor transportasi umum COVID-19

id Kalteng juara tiga nasional, bidang transportasi tatanan normal baru covid 19, dinas perhubungan, mendagri, kemendagri, kalteng, kalimantan tengah, gu

Pemprov Kalteng raih juara tiga nasional sektor transportasi umum COVID-19

Ilustrasi - Petugas mengukur suhu tubuh penumpang. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berhasil meraih juara tiga tingkat nasional di sektor transportasi umum COVID-19 pada Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman COVID-19 yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Keberhasilan yang diraih Kalteng khususnya Dinas Perhubungan yang membidangi sektor transportasi tersebut, diharapkan menjadi motivasi memasuki tatanan kehidupan baru di tengah pandemi," kata Asisten II Setda Kalteng Nurul Edy di Palangka Raya, Senin.

Atas raihan prestasi tersebut, pemprov berhak menerima piagam penghargaan dan Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp1 miliar.

Sementara itu Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Kalteng Yulindra Dedy mengatakan, pada perlombaan tersebut materi yang disampaikan adalah bagaimana kesiapan operator penyedia jasa transportasi dan pengguna jasa transportasi, menyesuaikan dan beradaptasi dengan kebiasaan baru agar roda ekonomi tetap berjalan dan masyarakat tetap produktif, aman dan sehat.

"Kami mengimplementasikan apa yang diatur pemerintah dalam pelaksanaan sesuai kondisi daerah masing-masing," ungkapnya saat dikonfirmasi.

Baca juga: Protokol kesehatan selama pandemi COVID-19 'harga mati'

Baca juga: Provinsi Lampung raih tiga penghargaan lomba inovasi terkait COVID-19


Diketahui Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman COVID-19 tersebut, meliputi tujuh sektor atau bidang berbeda, diantaranya pasar tradisional COVID-19, pasar modern COVID-19, restoran COVID-19, Hotel COVID-19, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) COVID-19, tempat wisata dan transportasi umum COVID-19.

Adapun peserta lomba dikelompokkan dalam empat kluster daerah, meliputi kluster provinsi, kabupaten, kota dan kabupaten tertinggal atau perbatasan.

Dalam kegiatan tersebut, Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kalteng bertugas dalam mengolah video, mulai dari tahapan pra produksi hingga setelah produksi.

Pengumuman hasil lomba dan penganugerahan penghargaan lomba dihadiri secara virtual oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang diwakili Asisten II Setda Kalteng Nurul Edy didampingi sejumlah pejabat lainnya.

Baca juga: Limbah APD COVID-19 di Kapuas sebulan mencapai 8 ton

Baca juga: Lima kabupaten/kota di Kalteng memiliki risiko tinggi terkait COVID-19

Baca juga: Informasi terakhir anggaran COVID-19 Kalteng Rp500 miliar, kata Freddy Ering