Jersey pertama Jordan di Chicago Bulls dilelang

id michael jordan,no 23,dilelang,chicago bulls,basket nba

Jersey pertama  Jordan di Chicago Bulls dilelang

Dokumentasi - Pebasket legendaris Chicago Bulls, Michael Jordan. ANTARA/REUTERS/USA Today/Robert Hanashiro/aa.

Jakarta (ANTARA) - Jersey bola basket NBA yang diberikan kepada Michael Jordan pada 1984 ketika dia pertama kali dikontrak Chicago Bulls akan dilelang Desember nanti, umum Julien's Auctions seperti dikutip Reuters, Selasa.

Jersey merah putih bertuliskan nama Jordan dan nomor 23 itu diperkirakan akan laku 200 ribu sampai 400 ribu dolar AS (Rp2,9 miliar - Rp5,8 miliar), kata balai lelang itu.

Pada usia 21 tahun saat itu, legenda NBA itu tersenyum dan mengangkat jersey tersebut dalam jumpa pers pertamanya sebagai anggota tim Bulls. Dia kemudian menjadi jantung dinasti Bulls yang enak kali menjuarai NBA pada era 1990-an.

Karir Jordan tahun ini didokumentasikan dalam "The Last Dance" yang menarik banyak pemirsa televisi. Sepasang sepatu Air Jordan bertanda tangan dia laku terjual 560.000 dolar AS (Rp8,16 miliar) pada Mei.

Hannah Malin, manajer pengembangan bisnis olah raga Juliens Auctions, mengatakan barang-barang Jordan menjadi pusat perhatian karena dia sudah melampaui dunia olahraga.

Jordan adalah "fenomena budaya pop," kata dia, "jadi apapun yang sudah dicapainya menjadi demikian penting."

Yang juga akan dilelang nanti adalah jersey Kobe Bryant dan sebuah bola basker Lakers yang ditandatangani Bryant yang meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter Februari silam.

Penawaran akan dilakukan online, telepon dan lelang langsung di Beverly Hills pada 4 Desember.