Disinformasi - Pria berbaju militer dengan logo palu-arit disebut ayah Jokowi

id Disinformasi,Pria berbaju militer ,logo palu-arit ,ayah Jokowi,Pria berbaju militer dengan logo palu-arit disebut ayah Jokowi

Disinformasi - Pria berbaju militer dengan logo palu-arit disebut ayah Jokowi

Dokumentasi - Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan saat penyerahan bantuan modal kerja di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/7/2020). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.)

Jakarta (ANTARA) - Seorang pengguna Facebook terlihat membagikan potret hitam-putih sosok pria berbaju militer yang tengah tersenyum.

Walaupun potretnya hitam-putih, terdapat pula logo palu-arit berwarna merah di kerah sebelah kanan.

Potret itu dibubuhi tulisan "Komandan Underbow Pki 1965" serta "Dokumen Negara Rahasia". Sedangkan pada pojok kanan foto pria itu terdapat tulisan "Widjiatno".

Pemilik akun Facebook tersebut, dalam unggahannya, menambahkan narasi sosok dalam foto itu merupakan ayah asli Jokowi.

Berikut sepenggal narasi pada unggahan di Facebook itu:

"Akhirnya Bocor juga. A.1 Bpk-nya Jokowi yg asli. Mirip Banget..!!!".

Namun, benarkah pria yang dalam potret itu adalah Komandan PKI dan ayah Jokowi?
 
Tangkapan layar foto pria yang diklaim sebagai ayah Presiden Jokowi (Facebook)

Penjelasan:
Hasil penelusuran ANTARA menunjukkan sosok pria dalam foto hitam putih yang diunggah di Facebook itu bukanlah ayah dari Presiden Joko Widodo, Wijiatno Notomiharjo.

Pria berpakaian seragam militer itu merupakan Komandan Muda Brigade ke-359 China, Jenderal Wang Zhen, sebagaimana diterangkan dalam deskripsi koleksi foto milik perpustakaan University of Wisconsin.

Jenderal Wang Zhen, jika mengacu pada data di situs Wikipedia, adalah politisi negeri Tirai Bambu dan mempunyai kedekatan hubungan dengan Presiden China Li Xiannian.

Pria yang lahir pada 1908 dan wafat pada 1993 di Guangzhou itu juga menjadi salah satu dari delapan Tetua Partai Komunis China.

Potret Wang Zhen yang diunggah di Facebook juga telah melalui proses penyuntingan. Dalam unggahan di Facebook, Wang Zhen terlihat seakan menggunakan emblem berlambang palu-arit di kerah bajunya. Sementara pada koleksi foto milik perpustakaan University of Wisconsin, kerah baju Wang Zhen tampak polos.

Dengan demikian diketahui narasi serta foto yang dimuat pengguna Facebook itu merupakan hasil rekayasa atau informasi hoaks.
Tangkapan layar foto Komandan Muda Brigade ke-359 China, Jenderal Wang Zhen (Facebook)

Klaim: Pria dalam foto bertuliskan Komandan PKI merupakan ayah dari Presiden Jokowi?
Rating: Salah/Disinformasi
 
(Kanan) Komandan Muda Brigade ke-359 China, Jenderal Wang Zhen. (University of Wisconsin)