Ketua DPRD Seruyan dukung program pengadaan alsintan

id Dprd seruyan, seruyan, kuala pembuang

Ketua DPRD Seruyan dukung program pengadaan alsintan

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo. (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Ketua DPRD Seruyan, Kalimantan Tengah Zuli Eko Prasetyo mendukung bupati yang berencana mengadakan program 100 unit alat mesin pertanian (alsintan) untuk meningkatkan hasil pertanian dan kesejahteraan masyarakat.



“Kami mendukung program Bupati Seruyan yang ingin mengadakan alsintan untuk petani. Adanya bantuan penunjang pertanian tersebut dapat meningkatkan hasil panen, sehingga terwujud swasembada pangan beras,” katanya di Kuala Pembuang, Jumat.



Menurutnya program tersebut bagus dikembangkan secara serius karena sesuai dengan kondisi wilayah dan potensi yang sangat menjanjikan di bidang pertanian.



“Kalau dari sisi wilayah kita sangat diuntungkan untuk pertanian. Hanya saja saya tegaskan kepada dinas terkait, agar data lahan dan petani harus lengkap serta jelas," tegasnya.



Menurutnya karena telah dilakukan pembahasan, semoga di akhir tahun sudah ada pengesahan anggaran, sehingga dana pun sudah tersedia.



Pihaknya berharap segera ada pergerakan, agar April mendatang alsintan yang direncanakan dibeli sudah bisa dipakai oleh petani. Jangan sampai pembelian dilakukan setelah panen.



"Ini merupakan tugas DKPP untuk bisa merencanakannya supaya tepat waktu,” terang Eko.



Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menambahkan, untuk para petani ketika ada alat hendaknya dijaga dan dirawat karena menurut informasi yang didapat, alsintan itu bukan hibah melainkan sistem retribusi sewa. Hal ini juga perlu regulasi seperti peraturan daerah.