PDAM Palangka Raya siapkan pemasangan 550 sambungan air gratis

id pdam palangka raya,sr mbr,budi harjono,sambungan pdam gratis,PDAM Palangka Raya siapkan pemasangan 550 sambungan air gratis

PDAM Palangka Raya siapkan pemasangan 550 sambungan air gratis

Direktur PDAM Kota Palangka Raya, Budi Harjono (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah pada 2021 menyiapkan pemasangan 550 sambungan air gratis bagi warga berpenghasilan rendah secara gratis.

"Melalui program Sambungan Rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (SR MBR) tahun depan kita akan memasang 550 sambungan gratis," kata Direktur PDAM Kota Palangka Raya, Budi Harjono di Palangka Raya, Senin.

Dia menerangkan, program SR MBR tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat yakni Kementerian Keuangan dengan nilai anggaran pemasangan senilai Rp1,5 miliar.

Baca juga: Sebagian Kalteng sudah masuk musim hujan, kata BMKG

Pendanaan pemasangan 550 sambungan air PDAM itu ditalangi oleh pemerintah kota. Selanjutnya saat program terlaksana, kemudian dilakukan pemeriksaan dan dinyatakan sesuai, anggaran yang ditalangi pemerintah kota itu diganti oleh Kementerian Keuangan.

Dia menerangkan, beberapa kriteria yang harus dipenuhi masyarakat untuk program SR MBR itu seperti maksimal KWH listrik maksimal 1.300 VA, luas rumah maksimal 60 meter persegi, bukan ASN, berpenghasilan rendah dan bukan rumah kedua. Program ini diprioritaskan bagi wilayah yang sudah memiliki jaringan pipa primer PDAM.

Saat ini proses pendataan telah mencapai 250 calon penerima program. Artinya masih ada peluang bagi 300 masyarakat untuk ikut serta dalam program pemasangan air PDAM gratis.

Baca juga: Puluhan juta didapat dari denda Operasi Yustisi di Palangka Raya

"Pendataan kami lakukan sampai akhir bulan karena awal bulan depan data akan kita sampaikan ke kementerian. Informasi lebih lanjut bisa datang ke kantor PDAM Kota Palangka Raya atau telpon di nomor (0356) 3221384," kata Budi.

Dia menambahkan, selain program 550 sambungan gratis program SR MBR, pada 2021 melalui Dinas Pekerjaan Umum Kota Palangka Raya juga akan dilakukan pemasangan 200 sambungan gratis bagi masyarakat.

Untuk program sambungan PDAM gratis yang dilaksanakan Dinas PU Kota Palangka Raya, pemasangan tak hanya bagi wilayah yang sudah ada jaringan pipa PDAM tetapi sudah sepaket dengan pemasangan jaringan pipa primer PDAM.

"Jadi total sambungan gratis pada 2021 ini sebanyak 770 sambungan. Sebanyak 550 sambungan program SR MBR dari pusat dan 200 sisanya program pemerintah kota melalui Dinas Pekerjaan Umum," kata Budi.

Baca juga: Aksi unjuk rasa UU Ciptaker di Palangka Raya berjalan aman walau sempat diwarnai aksi dorong

Baca juga: ASN Palangka Raya diingatkan jaga netralitas selama pilkada

Baca juga: Cegah masyarakat terlibat penjualan narkoba melalui peningkatan keterampilan

 

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar