KPU Kotim kembalikan 13 kotak suara

id KPU Kotim kembalikan 13 kotak suara, pilkada Kotim, KPU Kotim, Siti Fathonah Purnaningsih, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur, kalteng

KPU Kotim kembalikan 13 kotak suara

Ketua KPU Kotawaringin Timur Siti Fathonah Purnaningsih memperhatikan petugas menghitung kotak suara yang tiba di tempat penyimpanan logistik pilkada, Jumat (30/10/2020). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Kotak suara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah untuk Kabupaten Kotawaringin Timur sudah tiba, bahkan jumlahnya berlebih sehingga harus dikembalikan.

"Seharusnya cuma 894 kotak suara, yang tiba 907 kotak suara. Ada kelebihan 13 kotak suara. Sesuai instruksi KPU Provinsi Kalimantan Tengah, sisanya segera dikembalikan," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur Siti Fathonah Purnaningsih di Sampit, Jumat.

Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah akan mengikuti dua agenda pemilu kepala daerah (pilkada) sekaligus pada 9 Desember 2020, yakni pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur.

Logistik yang sudah tiba saat ini adalah untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, sedangkan logistik untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur sedang dalam pengiriman karena pembuatannya dilakukan di Pulau Jawa.

Hasil pemeriksaan, kondisi kotak suara terbuat dari kertas tersebut dalam kondisi bagus. KPU berharap logistik lainnya berupa surat suara dan dan tinta segera tiba karena waktu pelaksanaan semakin dekat.

Sementara itu, hasil rapat pleno yang berlangsung Jumat (17/10), telah ditetapkan jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah pada 2020 yakni sebanyak 265.279 pemilih. Mereka nantinya menggunakan hak pilih di 894 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 17 kecamatan dan 185 desa/kelurahan. 

Baca juga: DPRD berharap Bawaslu Kotim ungkap dugaan ASN terlibat politik

Untuk jumlah surat suara yang disiapkan nantinya adalah sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap, ditambah 2,5 persen sebagai cadangan.

"Untuk perakitan kotak suara akan dilakukan secepatnya sambil menunggu kotak suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur. Ada tim kami yang melakukan perakitan nanti. Untuk logistik pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur dalam proses pengiriman," jelas Siti Fathonah.

Seperti biasa, semua logistik pemilu disimpan di gedung tennis indoor di komplek Stadion 29 November Sampit. Tempat tersebut dirasa sangat representatif karena mampu menampung dalam jumlah besar.

Untuk pengamanan logistik pilkada tersebut KPU Kotawaringin Timur sudah berkoordinasi dengan Polres setempat. Sejak logistik tiba, gedung tennis indoor yang berlokasi di Jalan Tjilik Riwut itu telah dijaga 24 jam oleh petugas.

Baca juga: Bupati Kotim tanggapi kabar penonaktifan dua pejabat diduga terlibat politik

Baca juga: Seorang nenek di Sampit tewas diduga korban perampokan

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar