Teras Narang minta ICDN ikut menjawab tantangan kekinian Suku Dayak

id Anggota DPD RI,Agustin Teras Narang,Kalimantan Tengah,DPD RI,Teras Narang,ICDN

Teras Narang minta ICDN ikut menjawab tantangan kekinian Suku Dayak

Anggota DPD RI Agustin Teras Narang saat memberikan arahan dalam rapat kerja nasional (rakernas) ICDN I melalui virtual, Palangka Raya, Selasa (10/11/2020). ANTARA/HO-Tim Teras Narang

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPD RI Agustin Teras Narang meminta sekaligus mengajak Ikatan Cendikiawan Dayak Nasional berperan aktif menjawab berbagai tantangan kekinian, yang sedang tersaji di hadapan masyarakat suku Dayak di Pulau Kalimantan, terkhusus di Provinsi Kalimantan Tengah.

Tantangan sedang dihadapi itu dimulai dari revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan terjadinya perubahan digital dan kecerdasan buatan, kata Teras Narang saat memberikan arahan dalam rapat kerja nasional (rakernas) ICDN I melalui virtual, Palangka Raya, Selasa.

"Adanya bonus demografi di Indonesia pada tahun 2045 yang tentunya membutuhkan penguatan terhadap generasi muda. ICDN harapannya bisa terlibat aktif membantu menguatkan generasi muda suku Dayak," kata Teras Narang.

Tantangan lain yang sedang dihadapi adalah adanya 17 sasaran pokok Sustainable Development Goals, khususnya berkaitan dengan pendidikan, hidup sehat, sejahtera dan kemitraan untuk mencapai suatu tujuan komunitas masyarakat Suku Dayak.

Kemudian, lanjut mantan Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) situasi pandemi yang tidak pernah diprediksi sebelumnya dan kini memaksa manusia menghadapi perubahan baru, serta agenda pemindahan Ibu Kota Negara dan sustainable food estate di Provinsi Kalimantan Tengah.

"Semua isu itu merupakan bagian yang ingin saya tawarkan untuk disikapi oleh ICDN. Jadi, sangat penting untuk ICDN mengambil bagian dan menyiapkan tekad maju dalam menghadapi tantangan ini," kata Teras Narang.

Baca juga: Teras Narang siap kawal pemerataan jaringan internet di Kalteng

Gubernur Kalimantan Tengah periode 2005-2010 dan 2010-2015 menyatakan bahwa perubahan di Dunia ini nyata dan sudah ada di hadapan kita. Untuk itu, sangat penting bagi seluruh lapisan masyarakat Suku Dayak, termasuk ICDN mengambil bagian dan menyiapkan tekad maju menghadapi tantangan ini.

"Dengan begitu, masyarakat Dayak Layak, Dayak Patut dan Dayak Bisa berkembang sejahtera sebagai bagian dari warga Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bisa terwujud," demikian Teras Narang.

Dalam Rakernas ICDN itu turut hadir dan menjadi narasumber yakni, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong, Gubernur Kalimantan Timur sekaligus Ketua Dewan Pembina ICDN Isran Noor, Anggota DPR RI sekaligus Ketua Umum ICDN Willy M Yosep, serta lainnya.

Sebelumnya, beberapa waktu Teras turut menggelar kunjungan kerja terkait isu di daerah. Teras juga melakukan diskusi bersama berbagai elemen masyarakat termasuk akademisi berbagai elemen seperti Masyarakat Diaspora Peduli Indonesia dan Forpeka (Forum Pemuda Kalteng), PIKI, GMKI dan organisasi kemasyarakatan lainnya. 

Dalam kesempatan tersebut Teras, juga memperhatikan berbagai isu pembangunan di Kalteng yang akan berdampak pada masyarakat pada umumnya dan masyarakat adat secara khusus. Bersama elemen masyarakat ini, Teras juga menangkap berbagai aspirasi untuk pembangunan yang memperhatikan aspek lingkungan hidup. Kunjungan kerja demikian ini rutin digelar sebagai bagian dari tugas kelembagaan DPD RI.

Baca juga: Teras Narang : Food estate di Kalteng jangan jadi kepentingan sesaat

Baca juga: Hadapi tantangan kekinian, Teras Narang tawarkan Dayak Layak Terang

Baca juga: PusKOD UKI dan Wamen Desa bahas upaya mempercepat Desa Mandiri