Target pemerintah 5 juta 'backlog' rumah di 2024

id backlog,rumha backlog,subsidi rumah,Target pemerintah 5 juta 'backlog' rumah di 2024,APBN,Wakil Presiden Ma'ruf Amin,Wapres,perumahan

Target pemerintah 5 juta 'backlog' rumah di 2024

Ilustrasi - Membangun perumahan (ANTARA FOTO)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah menargetkan angka backlog atau selisih antara kebutuhan dan persediaan perumahan di Indonesia dapat menurun secara bertahap hingga mencapai lima juta di 2024.

"Untuk mencapai target tersebut, dibutuhkan anggaran sebesar Rp780 triliun, yang bersumber dari APBN dan swasta," kata Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam Musyawarah Nasional (Munas) VI Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) secara daring, Selasa.

Wapres mengatakan kebutuhan perumahan dibandingkan dengan jumlah ketersediaannya saat ini masih tinggi. Hal itu disebabkan oleh semakin banyaknya populasi, sehingga kebutuhan terhadap perumahan juga ikut bertambah.

"Seiring dengan pertumbuhan penduduk yang terus meningkat, kebutuhan terhadap rumah juga terus bertambah. Saat ini diperkirakan kebutuhan rumah berdasarkan kepemilikan sebesar 11,4 juta unit," tambahnya.

Baca juga: Wapres: Capaian Program Satu Juta Rumah 2020 cukup bagus

Beberapa upaya yang telah dilakukan Pemerintah untuk mengatasi persoalan tersebut antara lain dengan memberikan bantuan pembiayaan kepemilikan rumah, reformasi perizinan dan insentif fiskal, jelas Wapres.

"Perbandingan antara kebutuhan perumahan dengan ketersediaannya atau backlog, angkanya terus bertambah setiap tahunnya. Ini merupakan tantangan bagi kita semua untuk segera mengatasinya," jelasnya.

Untuk dapat mencapai target penurunan angka backlog tersebut, Wapres mengatakan Pemerintah memerlukan dukungan dari para pemangku kepentingan, termasuk dari pihak swasta dan para pengembang di Apersi.

Baca juga: Kementerian PUPR teken kerja sama pembiayaan perumahan dengan 30 bank

Terkait masih tingginya angka backlog perumahan, yang mencapai 11,04 juta unit, Wapres mendorong percepatan pembangunan rumah khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019, jumlah keluarga di Indonesia yang memiliki rumah mencapai 80,07 persen, sementara sisanya tinggal dengan cara menyewa rumah, menumpang di rumah kerabat hingga nomaden.

"Untuk mewujudkan target tersebut, dibutuhkan dukungan dari pemangku kepentingan di sektor perumahan, yang dalam hal ini salah satunya adalah pengembang yang tergabung dalam APERSI," katanya.

Baca juga: BSPS bantu tingkatkan kualitas rumah hunian di Kapuas

Baca juga: 77.986 debitur telah nikmati dana FLPP per 3 Agustus 2020