Penanganan COVID-19 dan perbaikan infrastruktur prioritas pasangan Harati

id Penanganan COVID-19 dan perbaikan infrastruktur prioritas pasangan Harati, Kalteng, Pemkab Kotim, bupati Kotim, Halikinnor, Irawati, Sampit, Kotim, Ko

Penanganan COVID-19 dan perbaikan infrastruktur prioritas pasangan Harati

Bupati Halikinnor dan Wakil Bupati Irawati memberikan keterangan pers usai pelantikan, Jumat (26/2/2021). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Penanganan COVID-19 dan perbaikan infrastruktur menjadi prioritas pemerintahan pasangan Halikinnor dan Irawati atau akrab disebut Harati yang baru dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah.

"Kami segera melakukan konsolidasi internal untuk menyamakan persepsi dalam melaksanakan program pembangunan. Dalam 100 hari pertama, akan kita maksimalkan semuanya," kata Halikinnor usai dilantik, Jumat.

Penanganan COVID-19 tetap menjadi prioritas karena penularan virus mematikan itu masih terjadi di kabupaten ini. Penanganan tidak hanya berupa upaya memutus mata rantai penularan virus tersebut, tetapi juga terkait dampak yang ditimbulkannya, khususnya di bidang ekonomi.

Prioritas lainnya adalah perbaikan infrastruktur. Sejumlah ruas jalan dalam kota, serta ruas jalan lingkar selatan dalam kondisi rusak parah sehingga harus segera ditangani.

Pemerintah daerah juga segera membuat kesepakatan dengan empat perusahaan untuk menuntaskan pembangunan jalan dari km 17 Jalan Jenderal Sudirman menuju Pelabuhan Bagendang. Jika jalan ini rampung, maka truk-truk angkutan perusahaan tidak perlu lagi melintasi jalan-jalan dalam kota.

Kerjasama dengan perusahaan juga akan dilakukan untuk peningkatan jalan berupa pengaspalan jalan poros Kelurahan Tanah Mas Kecamatan Baamang.

"Kami juga akan berkunjung ke daerah-daerah pedalaman untuk memantau kondisi peningkatan jalan yang sudah dirintis Bupati Supian Hadi dan Wakil Bupati Muhammad Taufiq Mukri. Kita tingkatkan terus agar tidak ada lagi desa yang terisolasi," tambah Halikinnor.

Maraknya kemunculan dan serangan buaya juga menjadi perhatian serius. Pemerintah daerah segera berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah untuk menangani masalah tersebut. 

Baca juga: Gubernur Kalteng serukan tolak penambangan pasir Ujung Pandaran

Sementara itu untuk pengembangan objek wisata Pantai Ujung Pandaran, pemerintah daerah akan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Seruyan supaya pengembangannya terintegrasi dan membawa manfaat besar bagi kedua kabupaten bertetangga. Peningkatan Bandara Haji Asan Sampit juga akan diupayakan agar bisa didarati pesawat berbadan lebar.

Halikinnor mengucapkan terima kasih sekaligus meminta dukungan semua pihak agar dirinya bersama Irawati bisa menjalankan tugas dengan baik dalam membangun Kotawaringin Timur.

Meski dilantik secara virtual oleh Gubernur Sugianto Sabran, Halikinnor mengaku tetap bersyukur karena semua berjalan lancar. Justru menurutnya, pelantikan ini menjadi sejarah baru Kalteng yaitu pertama kali kepala daerah yang dilantik secara virtual.

"Pilkada bukan akhir, tapi awal segalanya. Mohon dukungan semua pihak untuk kita bersama -sama membangun daerah. Kami ingin menjadikan Kotawaringin Timur sebagai barometer kemajuan pembangunan dan ekonomi Kalteng. Kami siap menerima masukan dari siapapun demi kebaikan bersama," demikian Halikinnor.

Baca juga: Tabrakan transportasi air di Kotim telan korban jiwa

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar