DPRD Seruyan minta pembangunan infrastruktur merata hingga ke pedesaan

id Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah KabupatenSeruyan, Kalimantan Tengah, Bambang Yantoko,Wakil Ketua DPRD Kabupaten Seruyan,DPRD Kabupaten Se

DPRD Seruyan minta pembangunan infrastruktur merata hingga ke pedesaan

Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko di Kuala Pembuang, (9/11/2020). ANTARA/Radianor

KUALA PEMBUANG, Seruyan  (ANTARA) - Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bambang Yantoko menyatakan bahwa pembangunan infrastruktur jalan merupakan kunci utama dalam pergerakan roda perekonomian masyarakat.

Infrastruktur jalan mempunyai peran penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, kata Bambang Yantoko di Kuala Pembuang, Jumat.

"Akses jalan yang mudah dan lancar tentu akan memudahkan dalam aktivitas masyarakat itu sendiri," tambahnya.

Lanjut dia menjelaskan, infrastruktur jalan itu harus layak, sehingga potensi-potensi di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini bisa dikembangkan oleh masyarakat setempat.

Menurutnya, kelayakan infrastruktur jalan tersebut tentunya bukan hanya terbatas di wilayah dalam kota saja, namun akses jalan kecamatan hingga pelosok desa secara merata di semua wilayah. Sebab, untuk memaksimalkan perekonomian daerah, maka perlu adanya keterhubungan dari seluruh wilayah.

Bambang mengatakan apabila semua jalan di Seruyan ini sudah bisa diakses, termasuk yang saat ini di bagian tengah, diupayakan oleh pihak-pihak terkait seperti jalan tembus ke Bangkal serta lainnya, maka pergerakan roda perekonomian masyarakat akan meningkat.

"Urat nadi perekonomian itu memang berada di infrastruktur. Itulah kenapa infrastruktur yang baik merata hingga ke pedesaan," ucapnya.

Baca juga: Jalan menuju pelabuhan Teluk Segintung banyak ditumbuhi tanaman liar

Kemudian, lanjut dia, tentu dalam proses realisasi di lapangan tidak semudah yang dibayangkan, mengingat juga keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh Pemkab Seruyan.

Namun hal tersebut harus diupayakan dengan maksimal, agar akses jalan tersebut bisa dibangun. Dan, Pemkab Seruyan bersama DPRD, harus bersama-sama mengupayakan ini, walaupun anggaran terbatas, tapi bisa diusulkan ke provinsi.

"Untuk itulah, saya sering kali katakan kalau kita ini sangat perlu kucuran tambahan dana dari provinsi salah satunya yakni membantu dalam peningkatan akses jalan tersebut," kata Bambang. 

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) itu menambahkan akses jalan tersebut juga bisa dibantu oleh perusahaan besar swasta (PBS) yang beroperasional di daerah tersebut, sehingga bisa direalisasikan dengan cepat.

Baca juga: Legislator berharap pemkab Seruyan sediakan penampungan produk lokal

Baca juga: Ketua DPRD Seruyan selesaikan vaksinasi COVID-19 meski fobia jarum suntik