Legislator berharap pemkab Seruyan sediakan penampungan produk lokal

id Legislator Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto ,DPRD Kabupaten Seruyan,Kabupaten Seruyan,DPRD Seruyan,Seruyan

Legislator berharap pemkab Seruyan sediakan penampungan produk lokal

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto di Kuala Pembuang, (25/1/2021). ANTARA/Radianor

KUALA PEMBUANG, Seruyan (ANTARA) - Legislator Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto berharap pemerintah melalui organisasi perangkat daerah setempat, menyediakan sekaligus memfasilitasi tempat penampungan semua produk lokal yang dihasilkan masyarakat, khususnya UMKM.

"Hasil produk lokal yang ditampung itu semua hal, baik itu kreasi makanan ataupun barang, sehingga bisa dikelola dengan baik," kata Riyanto di Kuala Pembuang, Rabu.

Menurut Anggota DPRD Seruyan itu, pengrajin rumahan atau home industri ataupun sentra IKM yang ada di Seruyan, memerlukan perhatian dan dukungan dari pemkab dalam memfasilitasi dan membantu pemasaran segala produk olahan lokal yang membawa nama daerah.

Dia mengatakan sudah menjadi kewajiban Pemkab Seruyan juga mendukung dan membantu masyarakat dalam mengembangkan produk olahan lokal, agar bisa dikenal daerah lain.

"Dengan begitu, akan berdampak pada meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus pertumbuhan ekonomi di kabupaten ini," kata Riyanto.

Berdasarkan informasi yang diterima dirinya, Kabupaten Seruyan masih banyak sekali terdapat para pengrajin home industri yang menghasilkan produk lokal, baik itu berupa makanan dan lain sebagainya, namun belum terlalu mendapat perhatian dari pemerintah.

Dia mengatakan salah satu produk lokal yang cukup terkenal yakni kerupuk pipih dan tentu saja masih banyak potensi lainnya yang ada di setiap kecamatan-kecamatan.

Untuk itu, dengan adanya peran dari pihak terkait yang mampu menampung hasil produk olahan tersebut dan membantu pemasarannya sekaligus, tentu akan meningkatkan kualitas roda perekonomian masyarakat.

Baca juga: Bupati Seruyan: ruang disabilitas Disdukcapil harus tingkatkan pelayanan

"Bantuan dari pemerintah diharapkan mampu membantu mereka dalam menggerakkan roda perekonomian dan membawa nama Seruyan hingga ke luar daerah," kata Riyanto.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menambahkan, mewujudkan hal tersebut tidak hanya dari Pemkab, tapi juga peran aktif dari masyarakat itu sendiri. 

"Semakin banyak orang yang mempromosikan berbagai macam olahan lokal yang dihasilkan tentu para pembeli juga akan banyak," demikian Riyanto.

Baca juga: Tingkatkan kualitas hidup masyarakat Seruyan dengan pengentasan RTLH

Baca juga: Pemprov Kalteng bantu optimalkan pembangunan ekonomi kabupaten/kota

Baca juga: Ketua DPRD Seruyan selesaikan vaksinasi COVID-19 meski fobia jarum suntik