Pencegahan korupsi di Seruyan harus ditingkatkan

id Pencegahan korupsi di Seruyan harus ditingkatkan, Kalteng, Seruyan, Bupati Seruyan, yulhaidir

Pencegahan korupsi di Seruyan harus ditingkatkan

Bupati Seruyan Yulhaidir saat memimpin Program Pencegahan Korupsi di Kuala Pembuang, (9/4/2021). ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Kuala Pembuang (ANTARA) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Yulhaidir meminta kepada semua pihak agar terus meningkatkan upaya antisipasi dalam hal ini langkah pencegahan korupsi di wilayah tersebut, karena hal tersebut sangat penting untuk dilakukan agar di Gawi Hantantiring ini bersih dari korupsi.

“Saya harap kepada semua pihak agar bersama-sama bahu membahu untuk mencegah terjadinya korupsi di Seruyan,” kata Yulhaidir di Kuala Pembuang, Minggu.

Menurut dia, mencegah korupsi harus dilakukan bersama-sama agar hal tersebut bisa diatasi dengan maksimal. Tidak boleh ada celah terhadap sistem yang dapat menimbulkan adanya potensi korupsi dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Upaya menutupi celah yang berpotensi korupsi ini adalah salah satu langkah pencegahan yang bisa diterapkan, karena seperti yang kita tahu tentang pentingnya program strategi nasional pencegahan korupsi dan fokus koordinasi dan supervisi pencegahan (Korsupgah) korupsi,” ungkapnya.

Baca juga: Nelayan Seruyan sangat membutuhkan bantuan kapal besar

Orang nomor satu di Seruyan itu  berharap kepada perangkat daerah teknis terkait area intervensi aksi Korsupgah Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) untuk lebih mengoptimalkan kinerjanya sesuai target atau pedoman yang menjadi acuan dalam aksi pencegahan korupsi. Ini merupakan upaya mendorong perbaikan tata kelola pemerintahan yang baik serta mencapai nilai atau skor yang maksimal.

“Saat ini pencapaian pelaksanaan rencana aksi pencegahan korupsi tahun 2020 Pemkab Seruyan memperoleh nilai atau skor sebesar 58.45 persen yang menempatkan  di urutan 366 tingkat nasional dan urutan ke 10 tingkat Provinsi Kalteng,” jelasnya.

Ia menambahkan, semua lembaga harus terus meningkatkan transparansi, meningkatkan akuntabilitas, melakukan penyederhanaan proses kerja dan proses pelayanan kepada masyarakat untuk meminimalisir ruang korupsi.

“Transparansi dalam pemerintahan juga sangat perlu dilakukan begitu juga dengan penyederhanaan pelayanan seperti sistem pemerintahan di Seruyan yang telah kita terapkan selama ini yaitu cepat, tepat dan prosedur,” demikian Yulhaidir. 

Baca juga: Legislator Kalteng : Percepat pemasangan jaringan PLN di Seruyan