Nadiem hadirkan beasiswa mobilitas mahasiswa internasional

id Nadiem,Menteri Pendidikan,Nadiem hadirkan beasiswa mobilitas mahasiswa internasional

Nadiem hadirkan beasiswa mobilitas mahasiswa internasional

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim dalam peluncuran IISMA di Jakarta, Selasa (11/5). (ANTARA/Indriani)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim meluncurkan program beasiswa mobilitas mahasiswa internasional atau Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

“Melalui IISMA, mahasiswa Indonesia dapat mewujudkan mimpi dengan mengikuti mata kuliah di perguruan tinggi terkemuka, mengembangkan kemahiran lintas budaya, memperkuat jejaring global, dan mempersiapkan diri dengan dunia kerja saat ini,” ujar Nadiem dalam peluncuran IISMA yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Ia memuji para rektor perguruan tinggi yang bekerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri. Jumlah perguruan tinggi mitra di luar negeri mencapai 73 perguruan tinggi berasal dari 31 negara.

“Sebagaimana bapak ibu ketahui, saya mendapatkan pengalaman mahasiswa internasional di Singapura, Amerika Serikat, dan Inggris. Saya mengejar mimpi di tiga lingkungan yang berbeda yang membentuk intelektual dan karakter saya,” tambah dia.

Perguruan tinggi merupakan tempat untuk mengasah ketajaman berpikir dan mengejar cita-cita. Untuk itu, Kemendikbudristek ingin agar mahasiswa Indonesia mendapatkan pengalaman tersebut.

Baca juga: Mendikbud sebut seleksi calon ASN dapat hasilkan 'smart ASN'

Pengalaman di dalam kelas, lanjut Nadiem, sering kali tidak dapat mengembangkan kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja. Konsekuensinya saat lulus, mahasiswa kebingungan dan kesulitan dalam menghadapi dinamika dunia kerja.

“Kami ingin kondisi itu berubah dengan melakukan transformasi agar perguruan tinggi lebih relevan dengan dunia di luar kampus. Mahasiswa mendapatkan keleluasaan dengan praktik terbaik, industri organisasi kemanusiaan, industri, melalui program Kampus Merdeka,” terang dia.

Kondisi tersebut dengan sistem perguruan tinggi yang baik pula. Kemendikbudristek telah menyiapkan skema dengan beasiswa LPDP. Selanjutnya pada program Kampus Merdeka, satuan kredit semester (SKS) dapat berkontribusi langsung dengan perkuliahan. Kemendikbudristek juga mendorong agar proyek kolaborasi dosen diakui dalam Kampus Merdeka.

“Inisiatif berbasis kolaborasi dan gotong royong harus terus dikembangkan untuk mewujudkan visi pendidikan yang memerdekakan. Tidak hanya skala nasional tetapi juga global,” imbuh dia.

Dirjen Dikti Kemendikbudristek, Nizam, mengatakan beasiswa tersebut kerja sama Kemendikbudristek dengan LPDP. Beasiswa tersebut memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengayaan di empat benua.

“Ini merupakan upaya untuk mengakselerasi mahasiswa, memperkuat, dan membawa mahasiswa untuk belajar di luar negeri, di kampus ternama dunia, sehingga mendapatkan pengalaman belajar yang luar biasa, sehingga dapat membangun kepercayaan diri dan membangun jejaring global,” kata dia.

Baca juga: Nadiem sebut kembalikan anak belajar tatap muka jadi prioritas utama

Baca juga: Nadiem Anwar: Pembelajaran tatap muka terbatas bisa dimulai dari sekarang

Baca juga: Mendikbud sebut PTM terbatas berbeda dengan masuk sekolah normal