Pemkab Lamandau lakukan 'random sampling' rapid antigen cegah penularan COVID-19

id Pemkab lamandau, lamandau, nanga bulik, bupati lamandau hendra lesmana, lebaran lamandau 2021, covid 19, shalat ied, kalteng, kalimantan tengah

Pemkab Lamandau lakukan 'random sampling' rapid antigen cegah penularan COVID-19

Bupati Lamandau Hendra Lesmana (kiri) saat meninjau pos pantau di Sematu Jaya dan melihat pelaksanaan random sampling rapid antigen, Rabu, (12/5/2021). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Nanga Bulik (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah melaksanakan tes rapid antigen dengan pengambilan sampel secara acak atau random sampling pada pos pantau Kecamatan Sematu Jaya antar Lamandau-Kotawaringin Barat, untuk orang yang masuk ke kabupaten setempat.

"Dilakukan rapid antigen secara random sampling tujuannya mendeteksi arus orang masuk Lamandau terkait potensi paparan COVID-19," kata Bupati Lamandau Hendra Lesmana di Sematu Jaya, Rabu.

Hal itu ia sampaikan saat mengecek pos pantau Lamandau-Kotawaringin Barat pada Kecamatan Sematu Jaya, didampingi sejumlah pejabat dari instansi terkait lainnya.

Dijelaskannya secara ketentuan bagi orang yang melakukan perjalanan antar kabupaten juga diminta melengkapi diri dengan surat keterangan bebas COVID-19.

"Nah hari ini juga upaya kami medeteksi kepada mereka yang mungkin tidak membawa, sehingga meyakinkan orang masuk Lamandau tidak terpapar," terangnya.

Sementara itu terkait shalat Idul Fitri tetap bisa dilaksanakan dengan memperketat penerapan protokol kesehatan dan memperbanyak tempat pelaksanaannya, sehingga tak hanya di masjid namun juga sejumlah lapangan terbuka.

"Tak hanya di masjid, namun di lapangan juga kami buka untuk memecah kepadatan jemaah," jelasnya.

Selain itu jelang Lebaran ini sterilisasi dengan penyemprotan desinfektan juga telah dilakukan, serta memastikan kesiapan takmir masjid.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar