PMI Kalteng serahkan bantuan ventilator untuk RS Kota Palangka Raya

id PMI Kalteng serahkan bantuan ventilator untuk RS Kota Palangka Raya, Kalteng, Palangka raya

PMI Kalteng serahkan bantuan ventilator untuk RS Kota Palangka Raya

Ketua PMI Provinsi KaltengĀ  Suhaemi (empat dari kanan) didampingi Sekretarisnya Siti Nafsiah (dua dari kanan) menyerahkan satu unit ventilator untuk RS Kota Palangka Raya yang diterima oleh Sekda Kota Hera Nugrahayu, beberapa waktu lalu. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Palang Merah Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah menyerahkan bantuan satu unit ventilator untuk Rumah Sakit Kota Palangka Raya, khususnya untuk penanganan pasien COVID-19.

Sekretaris PMI Kalteng Siti Nafsiah di Palangka Raya, Minggu, mengatakan, bantuan ventilator tersebut sebenarnya dari Perdana Menteri Singapura yang diberikan ke PMI Pusat yang kemudian disalurkan ke rumah sakit di daerah-daerah yang membutuhkan.

"Memang beberapa waktu lalu PMI Kalteng ada mengusulkan bantuan tiga unit ventilator kepada PMI Pusat, hanya saja banyak yang juga mengusulkan hal serupa dan kita hanya dijatah satu unit saja," kata Nafsiah.

Dia menuturkan, melihat kondisi daerah-daerah di Kalteng di tengah pandemi juga sangat memerlukan alat tersebut, pihaknya akan kembali mengusulkan agar bisa diberikan alat tersebut lebih banyak lagi.

Alat tersebut tentunya juga sangat berguna bagi para pasien COVID-19 yang menjalani perawatan intensif di rumah sakit yang ada di Kota Palangka Raya.

"Harga satu unit ventilator ini adalah 26.000 dolar Singapura. Kalau di jumlahkan ke rupiah sekitar Rp280 juta. Alat yang diberikan tersebut bertujuan untuk membantu pelayanan masyarakat yang di RS Kota Palangka Raya," ungkapnya.

Baca juga: Brimob Polda Kalteng bantu pemulasaraan jenazah pasien COVID-19

Ditambahkan Nafsiah yang juga menjabat anggota DPRD Provinsi Kalteng, pihaknya sangat bersyukur bisa mendapatkan bantuan dari PMI Pusat. Alat tersebut saat ini sangat sulit didapatkan, kendati ada pun harganya sangat mahal.

"Kami berharap usulan kedua nantinya dapat dikabulkan PMI Pusat dan jumlahnya lebih banyak lagi," ungkapnya.

Nafsiah berharap adanya bantuan alat tersebut terkhusus untuk RS Kota Palangka Raya bisa bekerja lebih optimal lagi dalam memberikan layanan kepada masyarakat di tengah situasi pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.

"Semoga alat tersebut bermanfaat untuk pelayanan dan membantu petugas medis dalam menjalankan tugasnya di RS setempat," demikian Nafsiah.

Baca juga: Pengetatan PPKM di Kalteng diperluas

Baca juga: BIN Daerah Kalteng fasilitasi vaksinasi COVID-19 untuk pelajar