Kue pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles terjual seharga Rp36 juta

id Kue pernikahan Putri Diana,Pangeran Charles,Kue pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles terjual seharga Rp36 juta

Kue pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles terjual seharga Rp36 juta

Tampilan potongan kue pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana yang dilelang pada 11 Agustus 2021. (ANTARA/HO/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Potongan kue dari pernikahan kerajaan Inggris antara Pangeran Charles dan Lady Diana Spencer pada tahun 1981 terjual £1.850 atau sekitar Rp36 juta dalam pelelangan di Inggris. Tapi ada peringatan untuk orang yang mendapatkannya: jangan mencoba memakan kue itu.

Kue berusia 40 tahun yang memiliki dasar marzipan putih dihiasi dengan lambang kerajaan yang diwarnai dengan warna emas, merah, biru, serta perak terjual lebih mahal dari perkiraan antara 300-500 poundsterling Inggris.

"Kami terpukau atas jumlah orang yang ingin ikut pelelangan potongan kue kerajaan yang unik ini," kata juru lelang Chris Albury, spesialis memorabilia kerajaan di Dominic Winter Auctioneers di Cirencester, Inggris.

Baca juga: Potongan kue pernikahan Putri Diana dilelang

"Ada banyak pertanyaan dari penawar, sebagian besar dari Inggris, Amerika Serikat dan beberapa negara di Timur Tengah, " imbuh dia dalam surel.

Penawar yang sukses mendapatkan kue itu berasal dari Leeds, Inggris.

Kue yang dilelang awalnya diberikan kepada Moyra Smith, yang bekerja untuk ibu Ratu Elizabeth II di kediamannya di Clarence House, London. Keluarga Smith melelang kue itu setelah Smith wafat.

"Kue itu tampak dalam kondisi sebagus ketika baru dijual, tapi kami tidak menyarankan untuk memakannya," kata juru lelang.

Kue itu dalam kondisi sama persis seperti ketika disimpan oleh Smith, terbungkus plastik dalam kaleng kue berlabel "tangani dengan hati-hati" dengan tanggal 29 Juli 1981, tanggal pernikahan Charles dan Diana.

Baca juga: Jadwal rilis film dokumenter pertama Putri Diana

Juru lelang mengatakan potongan kue itu diambil dari kue yang disajikan untuk para staf di Clarence House, tempat di mana Smith bekerja di dapur.

Selain kue pernikahan utama, ada sekitar 22 kue lain yang disuplai oleh produsen untuk acara kerajaan akbar tersebut.

Potongan-potongan kue pernikahan Charles dan Diana secara rutin masih dijual dan orang-orang masih berminat meski pasangan itu bercerai pada 1996.

Pada Desember lalu, potongan kue pernikahan mereka juga terjual 2.240 dolar AS (Rp32 juta) di Amerika Serikat, kata Julien's Auctions.

Itu adalah contoh terbaru dari kekaguman terhadap Diana, yang meninggal akibat kecelakaan mobil di Paris pada 1997 dalam usia 36 tahun, masih berlanjut.

Pada Juni, Ford Escort yang merupakan kado pertunangan dari Charles untuk Diana dibeli oleh museum Amerika Selatan, sementara pada 2019 gaun velvet biru yang dikenakan Diana saat berdansa dengan John Travolta di Gedung Putih pada 1985 juga telah terjual.

Baca juga: Seorang jurnalis gunakan tipu daya untuk wawancara Putri Diana pada tahun 1995

Baca juga: Ritual yang pernah dilakukan Ratu Elizabeth untuk mendiang Putri Diana

Baca juga: Kisah pedihnya Pangeran William kehilangan Putri Diana