Vaksin dosis 3 diharap semakin memacu semangat nakes di Gumas

id Vaksin dosis 3,nakes di Gumas,gunung mas,Vaksin dosis III diharap semakin memacu semangat nakes di Gumas,vaksin moderna

Vaksin dosis 3 diharap semakin memacu semangat nakes di Gumas

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Gumas Lily Rusnikasi. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Lily Rusnikasi berharap pelaksanaan vaksinasi dosis 3 semakin memacu semangat tenaga kesehatan di kabupaten setempat, dalam menangani pandemi COVID-19.

“Saat ini nakes telah bekerja keras menangani pandemi  COVID-19. Dengan adanya vaksin dosis 3, saya harap semangat mereka semakin terpacu,” kata dia saat dihubungi dari Kuala Kurun, Jumat.

Politisi PDI Perjuangan ini menyebut, vaksinasi dosis 3 bagi nakes menggunakan vaksin Moderna. Vaksin dosis 3 diharap memberi kekebalan maksimal bagi nakes terhadap variasi mutasi virus yang ada.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini berharap nakes nantinya akan semakin terlindungi setelah menerima vaksin dosis 3.

Baca juga: Berikut jumlah vaksin yang masih diperlukan Gunung Mas

Di sisi lain, Lily Rusnikasi juga meminta kepada masyarakat agar tidak ragu dan takut untuk mengikuti vaksinasi COVID-19, karena vaksin sudah terbukti aman dan halal.

Lebih lanjut, perempuan kelahiran Desa Tewang Pajangan ini juga mengingatkan masyarakat di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Selalu gunakan masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir, hindari kerumunan, jaga jarak fisik, dan kurangi mobilitas,” tutur dia.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Gumas Maria Efianti mengatakan bahwa sebanyak 883 nakes di kabupaten setempat ditargetkan menerima suntikan vaksin COVID-19 dosis ketiga.

Sebelumnya, sambung dia, nakes telah mengikuti vaksinasi dosis pertama dan kedua yang menggunakan vaksin Sinovac. Sedangkan dosis ketiga tidak lagi menggunakan Sinovac, namun menggunakan vaksin Moderna.

Saat ini vaksin Moderna bagi nakes telah didistribusikan ke seluruh pusat kesehatan masyarakat dan rumah sakit yang ada di Gumas. Dia meminta vaksinasi dosis ketiga bagi nakes segera dilakukan, sepanjang nakes yang bersangkutan memenuhi persyaratan dan telah menjalani skrining.

Baca juga: 883 nakes di Gumas ditargetkan terima vaksin dosis ketiga

Baca juga: Legislator Gumas desak pemerintah percepat pendistribusian vaksin

Baca juga: Gunung Mas terima 110 vial vaksin Sinovac