BPBD Seruyan siapkan 100 unit kendaraan roda dua untuk penanganan karhutla

id Bpbd seruyan, kendaraan operasional penanganan karhutla seruyan, kuala pembuang, karhutla, kebakaran hutan, kebakaran lahan, kalteng, pemkab seruyan

BPBD Seruyan siapkan 100 unit kendaraan roda dua untuk penanganan karhutla

Foto Dokumentasi-Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Seruyan Togirin menunjukan kendaraan roda dua untuk pencegahan dan penanganan karhutla di Kuala Pembuang beberapa waktu lalu. (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah menyiapkan 100 unit kendaraan operasional roda dua berjenis trail untuk memaksimalkan pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Kami telah menyiapkan sebanyak 100 unit kendaraan roda dua untuk memaksimalkan upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Seruyan Togirin di Kuala Pembuang, Kamis.

Dia mengatakan, dari 100 unit kendaraan operasional tersebut, ada sekitar 48 buah yang sudah diserahterimakan kepada pihak-pihak yang terlibat dalam upaya pencegahan maupun penanggulangan karhutla di wilayah setempat.

“Untuk sasaran penerima kendaraan operasional tersebut, seperti Masyarakat Peduli Api (MPA) yang sudah terbentuk di desa-desa di seluruh kecamatan, serta unsur TNI dan Polri yang masuk dalam Satuan Tugas Karhutla,” ungkapnya.

Dia mengharapkan, dengan adanya penambahan kendaraan operasional tersebut, agar upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla di Bumi Gawi Hatantiring bisa lebih maksimal guna meminimalisir terjadinya bencana tersebut.

Selain itu, untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya kerja sama semua pihak untuk saling bersinergi baik dari pemerintah desa, kecamatan hingga kabupaten, supaya dapat diantisipasi dengan maksimal.

Dia menambahkan pada 2021 ini pihaknya juga melaksanakan pengadaan operasional lainnya sebagai penunjang penanganan karhutla. Namun hal tersebut masih dalam proses penyelesaian dan diharapkan bisa cepat diselesaikan agar petugas dapat menggunakannya.

“Selain sepeda motor, tahun ini kita juga ada pengadaan mobil pemadam dan patroli yang masih dalam tahap penyelesaian, serta ada juga empat unit perahu beserta mesinnya yang akan dibagikan kepada empat kecamatan di Seruyan,” jelasnya.