Konten video 'game' kian populer di TikTok

id konten tiktok,konten video game,Konten video 'game' kian populer di TikTok

Konten video 'game' kian populer di TikTok

Ilustrasi TikTok (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Director Business Develpoment TikTok SEA, ANZ, and South Asia Vanessa Brown mengatakan konten video game semakin populer di TikTok, menandai perkembangan e-sports yang sangat pesat terutama bagi millenial dan generasi Z.

Menurutnya, game telah melahirkan orang-orang yang sangat kreatif dalam mencari cara terbaik untuk membuat dan melihat konten baru seputar game favorit mereka.

"TikTok membuat para gamer dapat menggunakan format video pendek untuk fokus pada momen tertentu, pemain, dan hal-hal lain di dalam game," kata Vanessa dalam jumpa pers peluncuran "The Greatest Gamer" virtual, Kamis.

Dia menambahkan, tingginya popularitas konten video game di TikTok juga merupakan sinyal bahwa gamer telah menemukan rumah baru untuk menunjukkan kreativitasnya.

Baca juga: Video TikTok akan berdurasi 5 menit?

Hal itu terbukti dari banyaknya variasi konten game yang diunggah di TikTok, mulai dari konten cosplay menjadi karakter game tertentu hingga konten mabar atau main bareng dari para pencinta gaming.

Kemudian, Head of Esports EVOS Aldean Tegar mengatakan, popularitas konten game di platform media sosial seperti TikTok dapat terjadi karena adanya pergeseran situasi sejak pandemi berlangsung. Menurutnya, pandemi memberikan tantangan di industri e-sports baik dari player ataupun penyelenggara turnamen.

"Contoh dari EVOS sendiri misalnya, interaksi tatap muka yang tadinya lebih intens jadinya berkurang dan digantikan dengan interaksi yang basisnya online," kata Aldean.

Melihat banyaknya konten video game yang diunggah di TikTok, Vanessa mengatakan akan terus mendukung komunitas game salah satunya melalui kompetisi "The Greatest Game Indonesia" yang telah memulai audisi sejak 1 September 2021.

"Kami akan selalu mendukung program-program terkait untuk ke depannya," ujar Vanessa.

"Kami juga masih akan terus melihat apakah nantinya ada kemungkinan untuk membuat game sendiri di dalam TikTok," pungkas Vanessa.

Baca juga: Ini kiat pelaku UMKM manfaatkan platform TikTok promosikan produknya

Baca juga: Shopify dan TikTok jalin kerjasama

Baca juga: TikTok akan perketat kontrol privasi pengguna remaja