Legislator sarankan Pemkab Kotim buka jalan baru cegah kemacetan

id Legislator sarankan Pemkab Kotim buka jalan baru cegah kemacetan, DPRD Kotim, Parningotan Lumban Gaol, sampit, Kotim, Kotawaringin Timur

Legislator sarankan Pemkab Kotim buka jalan baru cegah kemacetan

Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Parningotan Lumban Gaol. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah disarankan membuka jalan baru untuk mencegah kemacetan di Jalan Jenderal Sudirman agar arus lalu lintas tetap lancar meski terjadi banjir seperti saat ini.

"Kalau ada jalan alternatif di sekitar Jalan Jenderal Sudirman, maka kemacetan akibat banjir seperti yang terjadi sejak kemarin itu bisa dihindari," kata anggota DPRD Kotawaringin Timur Parningotan Lumban Gaol di Sampit, Rabu.

Jalan Jenderal Sudirman km 4 terendam banjir sejak Selasa (7/9) sehingga memicu kemacetan panjang. Jika banjir belum surut maka kemacetan diprediksi masih akan terjadi karena kendaraan harus bergantian melintasi kawasan banjir.

Hal ini terjadi karena di sekitar kawasan banjir tidak ada jalan lain yang bisa digunakan untuk mengurai kemacetan. Padahal Jalan Jenderal Sudirman merupakan akses utama menuju tiga kabupaten di wilayah barat.

Untuk itulah diperlukan jalan alternatif sehingga bisa mengurai kemacetan. Apalagi banjir merendam Jalan Jenderal Sudirman km 4 tersebut sering terendam banjir saat curah hujan tinggi seperti sekarang.

Menurutnya Lumban Gaol, saat ini sudah ada Jalan MT Haryono Barat yang posisinya satu jalur dengan Jalan Jenderal Sudirman. Dia menyarankan, dibuka jalan baru melanjutkan dari ujung Jalan MT Haryono Barat menuju perumahan komplek Perumahan Pembina di Jalan Jenderal Sudirman km 5.

Baca juga: DPRD Kotim ingatkan bantuan untuk korban banjir harus merata

Jika jalan baru tersebut terwujud maka bisa menjadi jalur alternatif dan bisa mengurai kemacetan di Jalan Jenderal Sudirman. Jalur tersebut nantinya juga membawa dampak terbukanya geliat ekonomi di kawasan itu.

Lumban Gaol mengatakan, jalan rintisan di kawasan itu sudah ada berupa badan jalan. Pemerintah daerah tinggal meningkatkan kondisi jalan agar layak dilintasi kendaraan dalam jumlah banyak.

"Ini juga diharapkan bisa mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas. Jalan Jenderal Sudirman sudah cukup padat dan banyak truk CPO. Kalau ada jalan alternatif ini warga bisa beralih sehingga lebih aman," kata Lumban Gaol.

Legislator dari daerah pemilihan Kecamatan Mentawa Baru Ketapang ini mengaku sudah sering menyampaikan usulan tersebut namun belum ditanggapi. Dia berharap ini menjadi perhatian pemerintah dan direalisasikan sehingga arus lalu lintas semakin lancar.

Sementara itu terkait banjir yang sering merendam Jalan Jenderal Sudirman km 4 yang memicu kemacetan, Lumban Gaol meminta ini juga menjadi perhatian serius. Selain mengatasinya dengan mengeruk drainase di pinggir jalan tersebut, juga perlu dipertimbangkan untuk peninggian badan jalan agar tidak mudah terendam banjir.

Baca juga: Relawan di Sampit buka bengkel dadakan perbaiki kendaraan mogok akibat banjir