300 siswa SMAN 1 Buntok ikut vaksinasi COVID-19 dosis kedua

id 300 siswa SMAN 1 Buntok ikut vaksinasi COVID-19 dosis kedua, barsel, Barito selatan

300 siswa SMAN 1 Buntok ikut vaksinasi COVID-19 dosis kedua

Sejumlah siswa pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Buntok sedang mengikuti vaksinasi dosis kedua. ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Sebanyak 300 siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengikuti vaksinasi COVID-19 dosis kedua.

"Vaksinasi ini dilaksanakan dalam rangka menyukseskan program pemerintah untuk pelajar," kata Wakil Kepala SMAN-1 Buntok Bidang Kesiswaan, Aton Eka Hoang di Buntok, Jumat.

Dikatakannya, dengan dilaksanakannya kegiatan ini, maka total siswa SMAN 1 Buntok yang sudah divaksinasi lebih dari 600 orang siswa, sedangkan yang belum divaksinasi sebanyak 64 orang.

Setelah ini pada periode berikutnya akan dilaksanakan vaksinasi terhadap 64 siswa yang masih belum divaksinasi. Saat dilaksanakan vaksinasi sebelumnya mereka tidak bisa mengikuti karena dalam kondisi sakit.

"Vaksinasi terhadap 64 siswa yang belum divaksinasi itu akan direncanakan dalam bulan ini," ucap Aton Eka Hoang.

Dilaksanakannya vaksinasi tersebut, mudah-mudahan bisa membuat siswa SMAN 1 Buntok tidak ada yang terjangkit COVID-19. Dia berharap dengan dilaksanakannya vaksinasi ini, pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas bisa dilaksanakan dengan baik.

Selain itu, Aton Eka Hoang juga menyampaikan, pihaknya saat ini sedang melaksanakan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan program sekolah dalam rangka peningkatan dan perbaikan karakter anak selama proses pembelajaran maupun bermasyarakat.

"Hal itu dilakukan agar mereka tidak kehilangan akhlak mulianya dalam bergaul dengan sesama temannya maupun bermasyarakat," terangnya.

Baca juga: DPRD Barsel pesimis target pencapaian PAD tahun 2021 tercapai

Dengan demikian, siswa diharapkan lebih mengerti bagaimana cara bergaul dengan baik dan memiliki sopan santun serta ramah, baik dengan orang luar, maupun dengan teman di sekolah, termasuk juga dengan gurunya.

"Karena, sekolah merupakan rumah kedua bagi siswa selain rumah pribadinya, dan itu tujuan dari pendidikan karakter ini kita laksanakan. Program PPK ini kita dilaksanakan secara rutin dalam setiap tahunnya terutama pada tahun ajaran baru bagi siswa yang baru masuk ke SMAN-1 Buntok," jelasnya.

Ia berharap, dengan adanya pendidikan karakter ini, seluruh anak didik memiliki dedikasi, loyalitas, dan sikap mental serta keimanan yang baik. Mereka juga diharapkan memiliki tata krama yang tinggi, baik sesama teman, guru, keluarga maupun di masyarakat.

Sementara Kapolsek Dusun Selatan, Iptu Suranto menyampaikan vaksinasi ini dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan bersama Polsek dan Puskesmas Dusun Selatan.

"Kegiatan vaksinasi terhadap pelajar ini berjalan dengan lancar dan sukses," demikian Suranto.

Baca juga: Legislator Barsel sebut pentingnya literasi digital