Pengembangan wilayah pesisir Sukamara diharapkan tekan kemiskinan

id Pengembangan wilayah pesisir Sukamara diharapkan tekan kemiskinan, Kalteng, Sukamara, Bupati Sukamara, Windu Subagio

Pengembangan wilayah pesisir Sukamara diharapkan tekan kemiskinan

Peninjauan budidaya tambak udang vaname di Desa Sungai Pasir Kabupaten Sukamara yang sudah berjalan, Januari 2021. ANTARA/HO-Diskominfosandi Sukamara

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sukamara Kalimantan Tengah berkomitmen terus mengembangkan wilayah pesisir dengan harapan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

 “Contohnya untuk wilayah pesisir seperti Kecamatan Pantai Lunci dan Jelai kita perlu galakkan program sektor perikanan, pertanian dan peternakan. Ini upaya pemerintah daerah mendorong peningkatan perekonomian masyarakat," kata Bupati Sukamara Windu Subagio di Sukamara.

Windu menjelaskan, potensi ekonomi di wilayah pesisir masih cukup besar untuk dikembangkan. Untuk itulah pemerintah daerah terus berupaya membantu warga mengembangkan usaha, baik dengan memberi bantuan maupun program pembinaan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia.

Potensi ekonomi di wilayah pesisir tidak hanya melulu di bidang perikanan, tetapi juga potensi lain seperti pertanian dan perikanan. Sektor pariwisata juga menjadi perhatian karena potensinya cukup besar.

Pengembangan potensi ekonomi diharapkan akan berdampak signifikan terhadap kemajuan wilayah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di pesisir dan kawasan lainnya.

Upaya penanggulangan kemiskinan perlu dukungan semua pihak dengan ditunjang program-program dinas dan instansi pemerintah. Kebersamaan tersebut menjadi cara yang harus ditempuh agar upaya yang dilakukan bisa membawa hasil maksimal.

Baca juga: Bupati Sukamara ingatkan penggunaan ADD harus sesuai aturan

Windu menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Sukamara akan merumuskan program-program yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin dengan menyesuaikan kondisi dan potensi wilayah masing-masing.

Selain pesisir, wilayah lainnya juga menjadi perhatian pemerintah. Seperti wilayah Kecamatan Balai Riam dan Permata Kecubung untuk program perkebunan, pertanian dan lainnya serta Kecamatan Sukamara program usaha kecil masyarakat.

“Setiap wilayah di Kabupaten Sukamara memiliki potensi dan sumber daya yang berbeda maka kita juga berupaya melaksanakan kegiatan sesuai dengan karakteristik daerah tersebut dalam upaya menanggulangi kemiskinan ini,” ucap Windu

Menurut Windu Subagio, hal yang diperlukan bagi upaya penanggulangan kemiskinan adalah fokus dalam pelaksanaan mengingat kategori penduduk sudah jelas datanya serta alamatnya sehingga program apa yang akan harus diterapkan sehingga bisa betul-betul bermanfaat untuk mengurangi kemiskinan

Baca juga: Potensi TJSLP Sukamara belum dikelola maksimal