RAPBD Murung Raya 2022 dipatok Rp1,2 triliun

id RAPBD Murung Raya 2022 dipatok Rp1,2 triliun, Kalteng, Mura, murung Raya

RAPBD Murung Raya 2022 dipatok Rp1,2 triliun

Bupati Murung Raya, Perdie M. Yoseph saat menyerahkan naskah RAPBD 2022 kepada ketua DPRD, Doni, di Puruk Cahu, Selasa (16/11/2021). ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu (ANTARA) - Bupati Murung Raya Kalimantan Tengah, Perdie Midel Yoseph mengatakan struktur Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) kabupaten setempat pada 2022 mendatang sebesar Rp1,217 triliun.

"Untuk rencana pendapatan sebesar Rp1.217.175.405.189 dan rencana belanja sebesar Rp1.273.102.649.233," katanya saat menyampaikan pidato pengantar penyampaian naskah RAPBD tahun anggaran 2022 mendatang dalam rapat paripurna DPRD setempat di Puruk Cahu, Selasa.

Ia mengatakan, antara rencana pendapatan dan rencana belanja tersebut terjadi defisit anggaran sebesar Rp55.927.244.044.

"Kami memohon kepada DPRD dapat mengagendakan pembahasan RAPBD ini dalam rapat komisi bersama perangkat daerah sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati," ujar Perdie.

Selain itu ia juga menyampaikan, dalam penyusunan Raperda RAPBD tahun anggaran 2022 ini berpedoman pada kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) tahun anggaran 2022.

“Proses penyusunan anggaran di tahun anggaran 2022 dipengaruhi banyak faktor, antara lain besaran proyeksi transfer keuangan ke daerah dan desa yang dilakukan oleh pemerintah pusat, proyeksi penerimaan pendapatan asli daerah dan prioritas belanja yang menjadi program Pemerintah Kabupaten Murung Raya," jelasnya.

Baca juga: Realisasi penerimaan PAD Mura lampaui target

Perdie berharap dalam pembahasan raperda APBD tahun 2022 ini nanti dapat lebih mempertajam lagi program kegiatan yang akan dilaksanakan, sehingga bisa meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Murung Raya.

Sementara itu Ketua DPRD Murung Raya, Doni mengatakan pihaknya sesegera mungkin menindaklanjuti apa yang sudah diajukan oleh pemerintah daerah dengan melakukan pembahasan bersama pihak eksekutif.

“Dalam waktu dekat sesuai dengan jadwal yang sudah kami agendakan rapat pembahasan akan kami laksanakan bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah," kata Doni.

Rapat paripurna penyerahan naskah RAPBD Murung Raya tahun anggaran 2022 dihadiri Wakil Bupati, Rejikinoor dan sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat.

Baca juga: Bupati apresiasi wakil Mura masuk final FSQ tingkat nasional