Masyarakat Gumas diminta lirik peluang usaha budi daya dan pengolahan ikan

id Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong,Gumas,Masyarakat Gumas diminta lirik peluang usaha budi daya dan pengolahan ikan,berita kalteng

Masyarakat Gumas diminta lirik peluang usaha budi daya dan pengolahan ikan

Kepala DPKP Kabupaten Gumas Hansli Gonak menyerahkan cendera mata kepada murid SD saat peringatan Harkannas di Kuala Kurun, Kamis (25/11/2021). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong mengajak masyarakat di kabupaten setempat agar melirik peluang usaha budi daya dan pengolahan hasil perikanan.

“Sampai saat ini Gumas masih memerlukan pasokan ikan dari luar daerah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap ikan,” ucap Jaya dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten I Setda Gumas Lurand saat peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-8 di Kuala Kurun, Kamis.

Dikatakan olehnya, Gumas masih memerlukan pasokan ikan dari luar daerah karena ketersediaan ikan di alam yang terbatas dan masih sedikitnya pelaku usaha pembudi daya ikan.

Hal itu menjadi peluang besar bagi masyarakat yang ingin berusaha di bidang budi daya perikanan, mengingat lahan di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ terbilang masih luas untuk usaha budi daya ikan.

Selain itu, tutur dia, pengolahan hasil perikanan juga memiliki prospek yang menjanjikan. Dengan kreativitas dari bahan-bahan hasil perikanan dapat diolah menjadi berbagai produk perikanan yang memiliki nilai tambah atau nilai ekonomis lebih tinggi.

Baca juga: Gumas targetkan vaksinasi pada akhir November minimal capai 50 persen

“Contohnya nugget ikan, brownies ikan, kerupuk ikan dan lain sebagainya. Produk-produk tadi berbahan dasar ikan yang diolah secara kreatif sehingga memiliki nilai tambah atau nilai ekonomis lebih tinggi,” paparnya.

Lebih lanjut, Harkannas dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein tinggi. Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi.

Dia menyebut, dengan mengkonsumsi ikan yang cukup maka diharap masyarakat Gumas memiliki generasi yang sehat dan cerdas, sehingga mampu bersaing serta menjadi masyarakat yang tangguh dan unggul.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Gumas Hansli Gonak mengatakan, dalam rangka memeriahkan peringatan Harkannas ke – 8 pihaknya mengadakan Lomba Masak Serba Ikan antarbidang pada dinas setempat.

Selain itu, DPKP Gumas mengikuti lomba tingkat provinsi yakni Lomba Desain Twibbon dan Lomba Menulis Artikel dengan Tema Ikan Untuk Generasi Tangguh dan Unggul Mewujudkan Kalteng Semakin Berkah.

“Pada hari ini kami juga mengajak seluruh perangkat daerah dan berbagai pihak lainnya untuk bersama-sama mengkonsumsi ikan dengan menu olahan serba ikan yang sudah disediakan oleh pegawai DPKP Gumas,” demikian Hansli Gonak.

Baca juga: Perangkat daerah Gumas diminta dukung percepatan penerapan e-kinerja

Baca juga: DPRD Gunung Mas minta Dinkes antisipasi ancaman DBD

Baca juga: Kepercayaan masyarakat Gumas kepada kaum perempuan semakin meningkat

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2021