Satlantas Polres Sukamara gandeng sekolah optimalkan pendidikan masyarakat

id Satlantas Polres Sukamara gandeng sekolah optimalkan pendidikan masyarakat, kalteng, sukamara

Satlantas Polres Sukamara gandeng sekolah optimalkan pendidikan masyarakat

Kasatlantas Sukamara Iptu Dwi Agus Yustiaman bersama masing-masing Kepala Sekolah saat melakukan penandatangan nota kesepakatan di bidang dikmas, Selasa (25/01/2022). ANTARA/HO-Lalang

Sukamara (ANTARA) - Satlantas Polres Sukamara mengadakan MoU atau nota kesepakatan dengan sekolah-sekolah dari tingkat SD, SMP dan SMA/Sederajat bekerjasama dalam bidang pendidikan masyarakat, khususnya bagi peserta didik yang ada di kabupaten ini. 

“Kita berharap dengan adanya nota kesepakatan dengan pihak sekolah di wilayah ini, bisa menjadi hal yang baik dalam mengedukasi peserta didik sejak dini, sehingga lebih tertib dan memahami setiap peraturan dalam berkendara maupun berlalu lintas,” ucap Kapolres Sukamara AKBP Dewa Made Palguna di Sukamara, Selasa. 

Menurutnya, nota kesepakatan tersebut rencananya akan dilakukan dengan semua sekolah yang ada di Bumi Gawi Barinjam. Sebagai tahap awal, kesepakatan dilakukan dengan enam sekolah, selanjutnya disusul sekolah-sekolah lainnya. 

“Memang, untuk saat ini nota kesepakatan tersebut saat ini masih dilakukan bersama SMKN 1 Sukamara, SMAN 1 Sukamara, MAN Sukamara, SMPN 3 Sukamara, SMPN 1 Sukamara, dan MTs Sukamara,” ungkapnya.

Kasatlantas Sukamara Iptu Dwi Agus Yustiaman menjelaskan, nota kesepakatan tersebut akan dilakukan secara berjenjang terhadap semua sekolah yang ada di Kabupaten Sukamara. Namun, saat ini pihaknya masih mengundang enam sekolah untuk melakukan penandatangan MoU tersebut.

“Kita tentu sangat berharap semua sekolah di wilayah ini nantinya dapat melakukan kerjasama tersebut. Selain memberikan edukasi tertib berlalu lintas kepada peserta didik juga bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan,” imbuhnya.

Melalui adanya kerjasama ini, pihak sekolah sangat antusias sekali. Pihak sekolah bahkan meminta Satlantas dapat menentukan waktu kunjungan ke sekolah-sekolah untuk memberikan edukasi terkait peraturan berlalu lintas.

Baca juga: Kapolres Sukamara ajak insan pers pelihara kamtibmas

“Kita akan segera membuat jadwal yang nantinya akan disampaikan kepada pihak sekolah untuk melakukan kunjungan rutin setiap hari, apakah dilakukan di saat pelajaran ekstrakurikuler atau pada sore hari, sehingga tidak mengganggu jam pelajaran utamanya,” terang Kasatlantas.

Selain itu, pihak sekolah telah meminta kepada Satlantas Polres Sukamara untuk membentuk PKS atau Polisi Khusus Sekolah pada masing-masing sekolah di tingkat SMP dan SMA/sederajat, agar dapat membantu dalam tertib berlalu lintas khususnya di lingkungan sekolah masing-masing.

“Hal ini tentu sangat kita sambut dengan baik yang menjadi harapan dari setiap Kepala Sekolah ini. Semoga, setelah memberikan edukasi kepada peserta didik ini dapat dibentuk PKS tersebut atau Pocil (Polisi Cilik) pada tingkat SD,” pungkasnya.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Sukamara Santi Hasan Banu yang menjadi perwakilan dalam menyampaikan harapan dari setiap kepala sekolah yang hadir, bahwa pihaknya berharap kerja sama tersebut dapat terlaksana dengan baik kedepannya.

“Harapannya, kerja sama antara Sekolah dengan Satlantas Polres Sukamara ini benar-benar terjalin dengan baik, sehingga peserta didik atau anak-anak didik kita ini nantinya bisa lebih bijak dan tertib dalam berlalu lintas,” demikian Santi Hasan Banu

Baca juga: Kwarcab Pramuka Sukamara panen perdana sayur hidroponik

Baca juga: Sukamara dukung deklarasi janji kinerja bersama Lapas dan Bapas

Baca juga: Akhirnya jaringan telekomunikasi tersedia di Desa Pangkalan Muntai