Polisi kantongi ciri-ciri pelaku percobaan pencurian uang di ATM Bank Kalteng

id ATM Bank Kalteng,Polresta Palangka Raya,Palangka Raya,Kalteng,Kalimantan Tengah,Kompol Todoan Agung Gultom

Polisi kantongi ciri-ciri pelaku percobaan pencurian uang di ATM Bank Kalteng

Anggota Polresta Palangka Raya melakukan mendatangi lokasi mesin ATM Bank Kalteng di Jalan Rajawali Km 5 yang nyaris dibongkar maling beberapa waktu lalu. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Reserse Kriminal Polresta Palangka Raya, Kalimantan Tengah sudah mengantongi ciri-ciri pelaku percobaan pencurian uang di mesin ATM Bank Kalteng di Jalan Rajawali Km 5, beberapa waktu yang lalu  

Kasat Reskrim Polresta Palangka Raya Kompol Todoan Agung Gultom , Rabu, mengatakan dari hasil penyelidikan ditemukan ciri-ciri pelaku percobaan pembongkaran mesin ATM Bank Kalteng yang dilaporkan ke Polresta setempat.

"Ciri-cirinya sudah kami kantongi, hanya saja posisi terduga pelaku tersebut saat ini berada di luar Kota Palangka Raya," kata Gultom.

Baca juga: Mesin ATM Bank Kalteng nyaris dibobol maling

Setelah mengumpulkan ciri-ciri pelaku, polisi juga masih mencari tahu dimana persembunyiannya. Sebab pelaku berada di luar daerah, tentunya tidak mudah untuk membekuk yang bersangkutan.

Perlu koordinasi dengan polres di jajaran wilayah dimana yang bersangkutan bersembunyi. Namun pihaknya juga sudah mengumpulkan sejumlah barang bukti hasil dari olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

"Minta doanya agar penyelidikan terkait kasus percobaan pencurian uang di ATM Bank Kalteng yang terjadi beberapa minggu lalu, dapat kami tangkap meski sudah mengetahui ciri-ciri terduganya," beber Gultom.

Baca juga: Mesin ATM Bank Kalteng memiliki beberapa sistem keamanan

Perwira Polri berpangkat melati satu itu juga menghimbau kepada masyarakat harus peka terhadap adanya aksi-aksi seperti itu. Tidak hanya itu pihak perbankkan yang ada di Palangka Raya juga wajib mengecek mesin ATMnya yang berada di sejumlah titik di kota ini.

Sebab tidak mungkin kepolisian melakukan pengamanan 1x24 jam terhadap mesin ATM tersebut yang jumlahnya banyak. Disarankan pihak perbankan bisa menempatkan Satuan Pengamanan (Satpam) yang ada di kantor untuk ditugaskan menjaga di jam-jam tertentu.

"Ya setidaknya mesin ATM yang ada di Kota Palangka Raya dijaga oleh Satpam, sehingga para pelaku kejahatan tidak dengan leluasa melakukan aksinya dengan mulus, meski mesin ATM tersebut sulit untuk dirusak," katanya.

Baca juga: PT Bank Kalteng serahkan enam unit mobil ke pemenang undian TAHETA

Baca juga: Ini pesan gubernur usai pelantikan Komisaris Utama Bank Kalteng