Pengurus targetkan ju-jitsu tanding eksibisi di Porprov Kalteng 2023

id Pengurus targetkan ju-jitsu tanding eksibisi di Porprov Kalteng 2023, kalteng, palangka raya

Pengurus targetkan ju-jitsu tanding eksibisi di Porprov Kalteng 2023

Pengurus jiu-jitsu Provinsi Kalimantan Tengah usai rapat perdana di Palangka Raya, Selasa (8/2/2022). ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya  (ANTARA) - Pengurus cabang olahraga ju-jitsu tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, yang baru saja terbentuk, menargetkan dapat mengirimkan atlet pada pertandingan eksibisi di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur pada 2023 nanti.

"Kami baru saja menerima SK kepengurusan. Setidaknya, salah satu target kita bisa memeriahkan eksibisi Porprov 2023 Kalteng, yang rencananya digelar di Kabupaten Kotawaringin Timur," kata Ketua Umum Jiu-Jitsu Provinsi Kalimantan Tengah, Junaidi di Palangka Raya, Selasa.

Selain itu, selama periode kepengurusan 2021-2025, dalam jangka panjang, pihaknya juga mempersiapkan diri pada ajang pekan olah raga nasional (PON).

Pernyataan itu, diungkapkan Junaidi usai melaksanakan rapat kerja perdana yang juga sekaligus silaturahmi internal jajaran pengurus ju-jitsu Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila" ini.

"Hari ini kita laksanakan rapat perdana. Selanjutnya pada 21-22 perwakilan pengurus akan berkonsultasi dan meminta arahan kepada Pengurus IJI Pusat. Kemudian dilanjutkan kaji banding ke Bekasi terkait pengembangan ju jitsu serta beberapa hal lain diperlukan," katanya.

Usai agenda tersebut, lanjut Junaidi, pengurus ju-jitsu Kalteng akan melaksanakan rapat kerja sekaligus pelantikan. Lebih jauh, pihaknya juga menargetkan segera membentuk kepengurusan jiu-jitsu tingkat kabupaten/kota di provinsi setempat.

Ketua Harian Jiu-Jitsu Kalteng Nurani Mahmuddin menambahkan, secara teknis pihaknya akan mempelajari teknik beladiri cabang olah raga yang pengurusnya baru saja terbentuk itu.

Baca juga: Kemenkumham Kalteng tingkatkan pengelolaan pertanggungjawaban keuangan untuk raih WTP

"Kami juga akan menginventarisasi potensi yang ada termasuk keberadaan mantan atlet ju-jitsu di beberapa kabupaten di Kalteng. Kita akan berdayakan mereka untuk merekrut dan melatih para atlet," katanya.

Di sisi lain, secara eksternal, sejak tahapan pembentukan kepengurusan, pihaknya selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan KONI Kalteng. Bahkan, sejumlah pengurus KONI di libatkan sebagai dewan pembina dan dewan penasihat.

Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Kalteng yang sekaligus Dewan Penasihat Ju-Jitsu Kalteng Elbadi Fardian, menyambut baik pembentukan kepengurusan cabor tersebut.

"Semoga hadirnya olahraga ini akan mampu menambah prestasi olah raga Kalimantan Tengah di tingkat nasional. Bahkan kita juga ingin atlet jiu-jitsu Kalteng dapat berlaga di kancah internasional," demikian Elbadi Fardian.

Baca juga: Polda Kalteng pastikan distribusi minyak goreng aman

Baca juga: Legislator ajak masyarakat terapkan pola hidup sehat

Baca juga: Angka kematian kasus COVID-19 Kalteng sebesar 3,4 persen