Pemkab Gumas pilih kaji tiru kepemudaan dan olahraga ke Kotim

id Pemkab Gumas pilih kaji tiru kepemudaan dan olahraga ke Kotim, kalteng, bupati kotim, halikinnor, Sampit, kotim, kotawaringin Timur, Irawati

Pemkab Gumas pilih kaji tiru kepemudaan dan olahraga ke Kotim

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor dan Wakil Bupati Irawati berfoto bersama Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong dan Wakil Bupati Efrensia LP Umbing usai pertemuan di rumah jabatan bupati di Sampit, Selasa (8/3/2022). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong  dan Wakil Bupati Efrensia LP Umbing bersama jajarannya melakukan kaji tiru ke Kabupaten Kotawaringin Timur terkait pembinaan kepemudaan dan olahraga. 

"Kami tahu banyak prestasi yang diraih Kotawaringin Timur dalam bidang olahraga dan pembinaan kepemudaan. Makanya kami kaji tiru ke sini agar bisa kami terapkan di Gunung Mas sesuai dengan kondisi daerah kami," kata Jaya di Sampit, Selasa. 

Rombongan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas di terima di rumah jabatan bupati oleh Bupati Halikinnor, Wakil Bupati Irawati, Sekretaris Daerah Fajrurrahman, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Wim RK Benung, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Multazam dan pejabat lainnya. 

Usai sarapan dan berbincang santai, rombongan melanjutkan pertemuan di lantai dua kantor bupati untuk berdiskusi terkait perkembangan pembinaan kepemudaan dan olahraga di Kotawaringin Timur. 

Jaya menyampaikan terima kasihnya karena telah diterima dengan sangat baik oleh Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur. Menurutnya, banyak hal yang bisa ditiru dan menjadi masukan dari Kotawaringin Timur untuk dilaksanakan di Gunung Mas. 

"Gunung Mas dan Kotawaringin Timur ini tentu ada kesamaan potensi karena karakteristik daerahnya tidak terlalu jauh berbeda. Makanya kami tidak perlu jauh melakukan kaji tiru ke luar Kalimantan Tengah. Cukup ke Kotawaringin Timur yang sudah maju pembinaan kepemudaan dan keolahragaannya," demikian Jaya Samaya Monong. 

Baca juga: Legislator Kotim soroti truk masuk dalam kota dan ugal-ugalan

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor menyambut baik kunjungan ini demi kemajuan bersama di bidang kepemudaan dan keolahragaan. Menurutnya, sebenarnya kami juga banyak belajar dari berbagai prestasi yang diraih Kabupaten Gunung Mas. 

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur memaparkan kesiapan daerah ini yang dalam waktu dekat yaitu 2023 mendatang menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah. Informasi yang disampaikan diharapkan bisa bermanfaat. 

"Kami berterima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Gunung Mas yang telah berkunjung. Kotawaringin Timur tidak juga lebih dari Gunung Mas. Sama-sama punya keunggulan maupun kelemahan yang perlu saling mengisi. Inilah bentuk kebersamaan kita di Kalimantan Tengah agar bisa lebih maju lagi ke depan," ujar Halikinnor. 

Halikinnor juga berkesempatan mengenalkan potensi wisata di kawasan Kota Sampit yaitu Ikon Jelawat dan wisata susur Sungai Mentaya. Wisata tersebut menjadi wisata favorit tamu yang biasanya berkunjung ke Sampit. 

Baca juga: DPRD Kotim minta perusahaan sawit rutin merawat jalan

Baca juga: Investor berminat bangun insinerator limbah medis berkala besar di Kotim

Baca juga: Ketua DPRD Kotim dukung eksistensi lembaga adat Dayak