Ketua DPRD Gumas imbau kades bersinergi dengan BPD

id Dprd gumas, ketua dprd gumas, akerman sahidar, kuala kurun, kepala desa, bpd, badan permusyawaratan desa, gumas, kalteng

Ketua DPRD Gumas imbau kades bersinergi dengan BPD

Ketua DPRD Gumas Akerman Sahidar bersama Bupati Jaya S Monong, Wakil Bupati Efrensia L.P Umbing, kades terpilih yang baru saja dilantik, dan lainnya usai pelantikan di GPU Damang Batu Kuala Kurun, Kamis (10/3/2022). (ANTARA/HO-Protokol dan Perjalanan Setda Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Akerman Sahidar mengimbau kepala desa terpilih hasil pemilihan gelombang III bersinergi dengan seluruh pihak.

"Khususnya dengan Badan Permusyawaratan Desa,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Sabtu.

Pria kelahiran Kelurahan Rabambang, Kecamatan Rungan Barat ini menyebut, hubungan yang harmonis antara kades dengan seluruh pihak merupakan modal dasar dan utama menjalankan roda pemerintahan desa.

Selain itu, kades yang baru dilantik diminta tidak ragu berkonsultasi kepada pemerintah kecamatan atau kabupaten, jika menemui kendala dalam menjalankan roda pemerintahan.

Lebih lanjut, dia juga meminta kades yang baru dilantik segera merangkul dan menyatukan masyarakat desa yang mungkin sempat terpecah belah saat pelaksanaan pilkades serentak.

“Segera singkirkan perbedaan dan kembali bersatu, bersama-sama membangun desa,” tutur wakil rakyat dari daerah pemilihan II meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini.

Sebelumnya, Bupati Gumas Jaya S Monong melantik 14 kades terpilih hasil pilkades serentak gelombang III tahun 2021, di Kuala Kurun, Kamis (10/3). Dia mengajak kades yang baru dilantik, tidak hanyut pada euforia kemenangan dan segera melaksanakan tugas.

Dia menyebut, dalam melaksanakan tugas kades hendaknya menyesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang memuat visi misi, tujuan, strategi, serta kebijakan dan program.

“Itu semua hendaknya dilaksanakan secara partisipatif melibatkan lembaga kemasyarakatan, dengan disusun secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan tanggap terhadap perubahan,” katanya.