Pewarta Foto Indonesia gelar UKW perdana

id ukw pfi,ukw perdana,galeri foto jurnalistik antara,antarafoto,lkbn antara

Pewarta Foto Indonesia gelar UKW perdana

Pelaksanaan UKW-PFI bekerja sama dengan LKBN Antara di Galeri Foto Jurnalistik Antara di Jakarta selama dua hari pada 9-10 Maret 2022.ANTARA/HO-PFI.

Jakarta (ANTARA) - Pewarta Foto Indonesia (PFI) untuk pertama kalinya menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada 9-10 Maret 2022 dengan mengujikan beberapa modul uji akhir seperti memahami kode etik jurnalistik, membangun jejaring, dan evaluasi foto berita.

UKW yang bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan Antara (LPA) ini meluluskan 13 peserta UKW-PFI dengan nilai yang baik. Nama-nama semua peserta akan terdaftar di Dewan Pers sebagai pemilik sertifikasi sesuai jenjang uji yang diikuti (Muda dan Madya) di Galeri Foto Jurnalistik Antara, Jakarta, melalui pernyataan resmi PFI diterima, Minggu.

Tak hanya itu, tercatat enam penguji magang juga telah menyelesaikan program magangnya dan berhak mengantongi sertifikat dari Antara.

Di akhir sesi uji, peserta dan penguji memberikan saran dan masukan terkait UKW-PFI yang baru pertama kali digelar sepanjang sejarah berdirinya PFI ini. Pengurus PFI Pusat mengucapkan terima kasih kepada Dewan Pers, seluruh penguji, peserta, panitia, dan mitra-mitra yang telah mendukung.
 
Penguji dan peserta UKW-PFI bekerja sama dengan LKBN Antara foto bersama di Galeri Foto Jurnalistik Antara di Jakarta selama dua hari pada 9-10 Maret 2022.ANTARA/HO-PFI.

UKW-PFI berlangsung dua hari dan diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Seluruh undangan, panitia, dan peserta mengikuti tes swab terlebih dahulu sebelum acara digelar. Ada pula cleaning camera gratis di lokasi acara untuk anggota PFI yang memiliki peralatan fotografi Canon.

Daftar peserta UKW-PFI meliputi Agus Priatna (Inilah.com), Angga Yuniar (Liputan6.com), Aprillio Akbar (Antara Foto), Didik Setiawan (Inilah.com), Dwi Pambudo (Rakyat Merdeka), Faizal Fanani (Liputan6.com), Helmi Fitriansyah (Liputan6.com), Herman Zakaria (Liputan6.com), Johan Tallo (Liputan6.com).

Kemudian Melly Riana Sari (Freelance), Muhammad Hidayat (TEMPO), Reno Esnir (Antara Foto) dan Wendra Ajistyatama (The Jakarta Post) dengan penguji utama yakni Hermanus Prihatna, Maha Eka Swasta serta Saptono.

Untuk penguji magang antara lain Alex Suban, Becky Subechi, Dikhy Sasra, Gino F. Hadi dan Prasetyo Utomo.

Baca juga: 24 peserta UKW ANTARA dinyatakan kompeten