ICMI diharapkan sumbang gagasan cendikia dalam pembangunan daerah

id ICMI diharapkan sumbang gagasan cendikia dalam pembangunan daerah, kalteng, palangka raya

ICMI diharapkan sumbang gagasan cendikia dalam pembangunan daerah

Pelantikan pengurus ICMI Kota Palangka Raya di Aula UMPR, Selasa (26/4/2022). ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya  (ANTARA) - Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kota Palangka Raya diharapkan dapat menghasilkan gagasan dan ide terpelajar (cendekia) dalam upaya semakin memajukan pembangunan daerah.

"Mudah-mudahan ICMI, melalui gagasan dan ide akademisnya, mampu mengantarkan masyarakat mencapai visi misi wali kota yang mencakup tiga 'smart' yakni lingkungan cerdas, masyarakat cerdas dan ekonomi cerdas," kata Plt Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan  Olahraga Kota Palangka Raya Supriyanto, Selasa.

Pernyataan itu diungkapkan dia, mewakili Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin pada pelantikan pengurus ICMI Kota Palangka Raya di aula Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR).

Supri mengatakan, ICMI yang beranggotakan para akademisi juga harus selalu memberikan masukan dan rekomendasi kepada pemerintah terkait kebijakan yang akan, sedang maupun telah dilaksanakan.

"Tentunya para anggota ICMI memiliki daya analisis akademis tinggi. Maka kami minta masukan dan rekomendasi sehingga setiap kebijakan pemerintah semakin efektif, maksimal dan semakin berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Ketua ICMI Kota Palangka Raya Ariyadi SHI, MH mengatakan, dengan dilantiknya kepengurusan tersebut, pihaknya berkomitmen terlibat dalam pembangunan daerah dari berbagai bidang.

Dia menerangkan, ICMI merupakan ormas yang berasaskan Islam dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila.

"Dalam berorganisasi, ICMI memiliki sejumlah sifat yaitu keIslaman dan keIndonesiaan. Berasas keilmuan, kepakaran, kecendekiawanan dan kebudayaan, serta keterbukaan, kebebasan, kemandirian, dan kekeluargaan," kata Ariyadi.

Baca juga: DPRD minta gencarkan sosialisasi penarikan Kinder Joy

Dia mengatakan, ICMI dapat diartikan sebagai orang Islam yang peduli terhadap lingkungannya dan terus menerus meningkatkan kualitas iman dan takwa, kemampuan berpikir, menggali, memahami dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Setiap orang juga agar mampu serta kehidupan keagamaan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan untuk diamalkan bagi terwujudnya masyarakat madani," katanya.

Ketua ICMI Kalteng Dr Abubakar mengatakan, kehadiran ICMI di Kota Palangka Raya diharapkan menjadi wadah penggerak pembangunan melalui berbagai program strategis.

"Ini menjadi bagian dari generasi muda untuk memberikan perubahan dalam mengantarkan Kota Palangka Raya sebagai Kota Model di masa depan dan menjadi penopang keberadaan wilayah Ibu Kota Negara (IKN)," demikian Abubakar.

Baca juga: DPRD Gumas dorong percepatan perbaikan jalan Palangka Raya-Kuala Kurun

Baca juga: Bank Kalteng bagikan seribu lebih paket sembako

Baca juga: Legislator Palangka Raya: Waspadai pencurian rumah kosong saat ditinggal mudik