ICMI Murung Raya berpartisipasi aktif bantu korban banjir

id banjir murung raya, icmi mura, puruk cahu, mura, murung raya, bantuan banjir mura

ICMI Murung Raya berpartisipasi aktif bantu korban banjir

Ketua ICMI Murung Raya, Lukmanul Hakim saat menyalurkan bantuan kepada warga korban banjir, Sabtu (20/1/2024).  (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Puruk Cahu (ANTARA) -
Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Murung Raya, Kalimantan Tengah turut berpartisipasi secara aktif membantu penanganan banjir di daerah setempat.
 
Ketua ICMI Murung Raya, Lukmanul Hakim di Puruk Cahu, Sabtu, mengatakan dalam tiga hari terakhir atau sejak debit air menenggelamkan rumah warga, pihaknya sudah menyalurkan bantuan berupa nasi bungkus kepada korban di permukiman yang mengalami banjir terparah.
 
“Sudah tiga hari ini kami bersama para relawan menyalurkan bantuan nasi bungkus kepada warga korban banjir. Bila ditotalkan sudah mencapai 3.500 bungkus yang langsung diserahkan kepada para korban,” kata Lukman.
 
Menurut Lukman, kawasan penduduk yang mendapatkan bantuan tersebut di antaranya Desa Muara Sumpoi, Kelurahan Puruk Cahu Seberang bagian hilir dan di beberapa titik di Kota Puruk Cahu seperti di Gang Surau, Dirung Baju, Bondang IV dan Kawasan Masjid Agung.
 
“Kami akan bergerak terus untuk kemanusian sehingga mengurangi penderitaan masyarakat yang terkena dampak langsung banjir. Yang kami lakukan adalah bantuan makanan siap saji nasi 1.000 bungkus tiap harinya, juga obat-obatan, serta sebagian sembako,” tambahnya.

Baca juga: Festival Literasi dan Arsip di Murung Raya diikuti peserta luar daerah
 
Dalam melaksanakan kegiatan kemanusian tersebut, Lukman mengatakan ICMI juga bekerja sama saling bahu-membahu dengan Jemaah Masjid Al-Jihad Puruk Cahu, Pengurus Gerakan Nasional Anti Narkoba Majelis Ulama Indonesia (Ganas Annar MUI) Murung Raya, termasuk dari MAN 1 Puruk Cahu.
 
“Semua bantuan yang kami sudah atau yang akan disalurkan merupakan bantuan dari semua pihak, baik itu berupa perorangan maupun perusahaan," jelasnya.
 
Pihaknya juga mendirikan posko ICMI di Masjid Al Jihad Puruk Cahu, serta membuka pelayanan kesehatan didukung Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah Puruk Cahu,” tuturnya.

Baca juga: 31.178 jiwa warga Murung Raya terdampak banjir

Baca juga: Kemen ESDM beri penghargaan ke PT IMK karena kinerja PPM sangat baik

Baca juga: Peringati Hari Anti Korupsi Sedunia, Pemkab Mura Gelar Diskusi Panel