Staf Ahli Menkumham ingatkan Kanwil harus tingkatkan pelayanan

id ilham djaya,kanwil kemenkumham kalteng,Hendra ekaputra,palangka raya

Staf Ahli Menkumham ingatkan Kanwil harus tingkatkan pelayanan

Serah terima jabatan dan pisah sambut Kakanwil Kemenkumham Kalteng dari Ilham Djaya ke Hendra Ekaputra di Palangka Raya, Selasa (10/5/2022). ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Staf Ahli Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Dhahana Putra mengingatkan bahwa jajaran kantor wilayah harus makin meningkatkan profesionalitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kakanwil adalah pimpinan instansi di tingkat daerah sehingga bertanggung jawab untuk terus meningkatkan profesionalitas dalam memberikan pelayanan publik," katanya dalam pengarahan secara virtual yang disaksikan dari Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Selasa.

Dia juga meminta jajaran pegawai di lingkungan Kemenkumham selalu menerapkan tata nilai PASTI yang merupakan akronim Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif.

Pernyataan itu diungkapkan Dhahana Putra saat mengikuti serah terima jabatan dan pisah sambut Kakanwil Kemenkumham Kalteng dari Ilham Djaya ke Hendra Ekaputra, serta pisah sambut Kepala Divisi Pemasyarakatan dari Yudi Suseno ke Danang Yudiawan.

Turut hadir dalam kegiatan itu seperti Kapolda Kalteng, Danrem 102 Panju Panjung, pihak Pengadilan Tinggi, Kejaksaan Tinggi, Ombudsman Kalteng, Kepala LKBN ANTARA Biro Kalteng, jajaran Kanwil Kemenkumham setempat serta sejumlah tamu undangan lain.

Dia mengatakan sebagai abdi negara, ASN harus siap ditempatkan di mana saja. Untuk itu tugas harus bisa dijadikan bagian dari ibadah yang dilakukan secara ikhlas dan bertanggung jawab.

"Dalam melaksanakan tugas, kanwil harus selalu bersinergi dan berkolaborasi dengan instansi lain. Jajaran harus bijak dalam bertindak, termasuk dalam menggunakan media sosial," katanya.

Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo yang menghadiri acara tersebut berharap pergantian pimpinan di Kanwil Kemenkumham setempat akan makin meningkatkan kolaborasi dalam memberikan pelayanan publik.

"Kami juga mohon jajaran Kanwil Kemenkumham Kalteng selalu mendukung program pemerintah daerah, terutama terkait tugas pokok dan fungsi yang dijalankan. Mari selalu berkolaborasi untuk memajukan pembangunan daerah," kata Edy.

Kakanwil baru Kemenkumham Kalteng Hendra Ekaputra berkomitmen melanjutkan program kerja serta visi misi yang telah ditetapkan.

“Sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah yang baru, saya mohon izin masuk wilayah Kalteng dan mohon dukungan masyarakat serta semoga bisa saling bersinergi antara APH,” katanya.

Baca juga: Indonesia-Cina kerja sama penanganan kejahatan transnasional

Dia pun berkomitmen menjadikan Kanwil Kemenkumham yang kini berpredikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) meningkat menjadi Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Sementara itu, Ilham Djaya yang telah berpindah tugas mengaku gembira dan bangga telah bertugas di wilayah Kalimantan Tengah selama 2 tahun 7 bulan.

"Terima kasih atas dukungan dan kerja sama yang selama ini telah terjalin dengan seluruh stakeholder (pemangku kepentingan). Saya harap silaturahim akan terus terjalin di mana pun kita berada," kata Ilham Djaya.

Baca juga: Menkumham apresiasi kontribusi gubernur pacu kekayaan intelektual

Baca juga: Dua juta masyarakat berobat keluar negeri, RI kehilangan devisa triliunan rupiah