Kemenag Kota Palangka Raya siap berangkatkan 140 calon haji

id Kemenag Kota Palangka Raya siap berangkatkan 140 calon haji, kalteng, palangka raya, jamaah calon haji, haji

Kemenag Kota Palangka Raya siap berangkatkan 140 calon haji

Dokumentasi. Ratusan jamaah di sekitar Ka'bah Masjidil Haram di Kota Mekkah, Arab Saudi, Senin (9/9/2019). ANTARA/Hanni Sofia/aa

Palangka Raya  (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah siap memberangkatkan 140 calon haji ke Mekkah, Arab Saudi pada periode haji 2022.

"Tahun ini di Palangka Raya ada 140 calon jamaah. Untuk maskapai dan keberangkatan kita tinggal menunggu ketentuan pusat," kata Kakan Kemenag Kota Palangka Raya Nur Widiantoro saat dikonfirmasi di Palangka Raya, Jumat.

Dia mengatakan rekrutmen Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) di wilayah setempat juga telah siap.

"Sementara untuk persiapan paspor para calon jamaah yang akan berangkat juga telah mencapai 90 persen," kata Nur.

Berdasar data yang dikeluarkan Kantor Wilayah Kemenag Kalteng pada Kamis (12/5), dari 140 calon jamaah asal Kota Palangka Raya, 108 telah melunasi pelunasan setoran haji dan 32 sisanya belum menyelesaikan kewajiban pelunasan.

Jamaah haji reguler yang telah melunasi BPIH 2020 harus melakukan konfirmasi kepada Bank Penerima Setoran (BPS) biaya penyelenggaraan ibadah haji. Waktu pelunasan BPIH sampai 20 Mei 2022.

Baca juga: Dilanda sejumlah penyakit, Warga Palangka Raya diimbau kurangi konsumsi daging hewan ternak

Sementara itu, persyaratan konfirmasi pelunasan dan pembayaran pelunasan haji reguler tahun 2022 yakni pertama telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji 1441 H/2020M.

Kedua, berusia paling tinggi 65 tahun pada 30 Juni 2022 sesuai dengan urutan nomor porsi. Kemudian belum pernah menunaikan ibadah haji atau sudah pernah menunaikan haji paling singkat 10 tahun sejak menunaikan haji terakhir.

Selanjutnya berusia paling rendah 18 tahun pada 4 Juni 2022 atau sudah menikah dan jamaah haji juga harus telah divaksin COVID-19.

Para jamaah calon haji yang akan berangkat tahun ini juga diminta meningkatkan pemahaman tata cara berhaji secara mandiri. Selain itu juga selalu menjaga kesehatan diri serta mematuhi arahan dan petunjuk petugas.

Baca juga: DPRD minta Pemkot Palangka Raya aktif data pendatang pasca Lebaran

Baca juga: 23 kelurahan di Palangka Raya zona hijau penyebaran COVID-19

Baca juga: Demokrat Kalteng silaturahmi ke rumah mantan Wali Kota Palangka Raya