Lunas BPIH, 26 jamaah calon haji di Bartim siap diberangkatkan

id Kemenag Barito Timur, Kalimantan Tengah, Abdul Majid, Kabupaten Barito Timur, Barito Timur, Kalteng, Bartim, 26 jamaah calon haji di Bartim siap dib

Lunas BPIH, 26 jamaah calon haji di Bartim siap diberangkatkan

Kepala Kemenag Barito Timur Abdul Majid Rahimi. ANTARA/Habibullah.

Tamiang Layang (ANTARA) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Abdul Majid Rahimi menyatakan bahwa sebanyak 26 orang jemaah calon haji sudah melakukan konfirmasi pelunasan Biaya Penyelenggaraan  Ibadah Haji  (BPIH) 1443 Hijriah/2022, dan siap untuk diberangkatkan.

"Mereka sudah melakukan konfirmasi pelunasan BPIH  dan keberangkatan. Dokumen pelunasan BPIH sudah disampaikan ke Bank Syariah Indonesia Cabang Tanjung,” kata Abdul Majid di Tamiang Layang, Selasa.

Menurutnya, konfirmasi pelunasan BPIH dan keberangkatan sejak 9 hingga 20 Mei 2022 tadi, konfirmasi pelunasan BPIH  secara kolektif dan berkas sudah diterima BSI Cabang Tanjung. BSI Cabang Tanjung akan mencetak berkas pelunasan BPIH 2022

Abdul Majid mengatakan, berkas itu akan segera diserahkan kembali kepada para calon jamaah haji melalui Kemenag Barito Timur pada saat bimbingan manasik haji yang dilaksanakan pada tanggal 2 sampai 7 Juni 2022.

"Manasik haji dilaksanakan selama enam hari yakni dua hari di tingkat kabupaten dan empat hari di tingkat kecamatan,” kata Majid.

Tetap menjaga kesehatan merupakan langkah yang harus bisa diambil calon jemaah haji dalam mempersiapkan diri menghadapi keberangkatan. Mereka dihimbau tidak mengerjakan pekerjaan berat.

"Selain itu, hendaknya diiringi dengan doa," kata Majid.

Baca juga: Kemenag Kalteng ingatkan calon haji segera lunasi BPIH

Dijelaskan Majid, kuota haji Indonesia tahun 2022 berjumlah 100.051 orang . Ini sesuai dengan Keputusan Menteri Agama (KMA) RI Nomor 405 tahun 2022. Kouta haji tersebut terdiri dari kuota haji reguler berjumlah 92.825 orang dan kuota jamaah haji reguler sebanyak 92.246, kuota pembimbing dari unsur Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) 114 orang dan kuota Petugas Haji Daerah 465 orang.

Provinsi Kalimantan Tengah mendapatkan kuota sebanyak 731 orang, dan khususnya untuk Barito Timur mendapat kuota sebanyak 26 orang yang sudah mengikuti pemeriksaan kesehatan tahap kedua. 

Kemenag Barito Timur juga mencadangkan dua orang untuk menggantikan calon jemaah haji yang berhalangan. Pengganti akan secara otomatis menggantikan calon jemaah haji yang batal melaksanakan ibadah haji tahun ini.

Baca juga: Dana haji digunakan untuk bangun IKN hoaks

Baca juga: Menag Yaqut : Semua syarat perjalanan haji harus dipenuhi