Bupati Katingan ajak ormas dan LSM berpartisipasi sukseskan pembangunan

id Pemkab katingan, bupati katingan sakariyas, ormas, lsm, lembaga swadaya masyatakat, pembangunan, kasongan, katingan, kalteng

Bupati Katingan ajak ormas dan LSM berpartisipasi sukseskan pembangunan

Bupati Katingan Sakariyas. (ANTARA/Fernando Rajagukguk)

Kasongan (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah mengajak seluruh organisasi masyarakat (ormas) dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang ada di daerah setempat berpartisipasi menyukseskan jalannya pembangunan.


 


"Sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan diharapkan pengurus dan anggota ormas maupun LSM di Katingan bersinergi dengan pemerintah mendukung, meningkatkan dan memperluas partisipasi dalam pembangunan," kata Bupati Katingan Sakariyas di Kasongan, Jumat.


 


Menurutnya ormas dan LSM memiliki perananan yang sangat efektif untuk menjaring aspirasi masyarakat. Ormas dan LSM keanggotaan serta kepengurusannya berasal dari masyarakat yang didirikan oleh perorangan ataupun sekelompok orang yang secara sukarela, berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan.


 


Dikatakannya ormas dan LSM juga merupakan perwujudan dari berlangsungnya masyarakat sipil yang bekerja menjembatani, memperjuangkan, dan membela kepentingan rakyat.


 


"Oleh karena itu saya mengajak ormas dan LSM ikut mengawasi dan terlibat dalam kebijakan-kebijakan atau program-program pembangunan demi kepentingan publik," ucap dia.


 


Lebih lanjut orang nomor satu di Katingan itu mengharapkan ormas dan LSM dalam menjalankan tugas dan fungsinya di tengah-tengah masyarakat, dilandasi kesadaran hukum yang tinggi dan berpedoman, serta mentaati ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


 


Di sisi lain dia pun menyadari pemerintah berkewajiban melakukan pembinaan, memberikan dorongan dan pengayoman kepada ormas dan LSM. Hal itu dalam rangka menumbuhkan organisasi yang sehat dan mandiri sehingga organisasi dapat melaksanakan aktivitasnya secara positif sesuai bidang kegiatan.


 


Untuk itu pembiayaan kegiatan pembinaan telah dialokasikan yang bersumber dari APBD Kabupaten Katingan dan tertuang dalam dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Katingan 2022.


 


"Saya berkomitmen memperkuat peran mereka dalam rangka turut menciptakan dan membangun Katingan yang lebih baik," demikian Sakariyas.