PT SEM tanam pohon sengon peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022

id PT SEM tanam pohon sengon peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022, kalteng, Bartim, barito timur, sem

PT SEM tanam pohon sengon peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022

Kepala Teknik Tambang PT SEM, Jerri Irwandi Sinaga. ANTARA/HO-PT SEM

Tamiang Layang (ANTARA) - PT Senamas Energindo Minereal (SEM) dari Rimau Group ikut memperingati Hari Lingkugan Hidup Sedunia 2022 dengan aksi menanam ratusan pohon sengon di areal final disposal Pit I di Desa Jaweten, Kecamatan Dusun Timur.

Pohon yang ditanam yakni pohon sengon sebanyak 250 batang. Ini merupakan bagian dari revegetasi yakni usaha atau kegiatan penanaman kembali pada lahan bekas tambang, ujar Kepala Teknik Tambang PT SEM, Jerri Irwandi Sinaga. 

“Dulunya itu bekas tambang dan sudah kita mereklamasi dan hari ini kita tanam 250 pohon sengon sebagai rangkaian memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia,” katanya, Rabu.

Dalam revegetasi, kata Jerri, pohon-pohon yang sudah ditanam mencapai ratusan bibit pohon, terdiri dari jenis pohon cempedak, karet, durian sampai pohon sengon. 

Revegetasi yang dilaksanakan PT SEM hingga 2022 sudah 260 hektare atau 48,5 persen dari 535 hektare lahan yang sudah di reklamasi. Luas lahan yang sudah direklamasi itu sekitar 82,3 persen dari luas lahan yang sudah dibuka untuk aktivitas pertambangan yakni 650 hektare.

Revegetasi merupakan komitmen PT SEM, dan dijadwalkan setiap tahunnya secara rutin melakukan tanam pohon di area final reklamasi.

Baca juga: PT SEM bantu warga terdampak banjir di Bartim

Peringatan hari lingkungan hidup tahun 2022 ini mengangkat tema “Satu Bumi Untuk Masa Depan”. Momentum ini penting untuk semua pihak untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian untuk terus memperbaiki dalam perilaku adil terhadap lingkungan.

Dukungan dan keterlibatan semua pihak secara konstruktif mampu menciptakan lingkungan yang sehat. Dengan penanaman pohon dilakukan maka ini dapat memberikan sumbangsih bagi kelestarian lingkungan dan perubahan iklim.

“Kami berkomitmen dan akan selalu aktif menjaga kelestarian lingkungan,” kata Jerri. 

Jerri juga mengajak semua pihak untuk mengisi Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia melalui aksi-aksi positif, dimulai dari diri sendiri untuk menjaga dan melestarikan bumi sebagai tempat tinggal.

“Semoga apa yang kami lakukan ini bermanfaat bagi semua kelestarian lingkungan dan bermanfaat bagi masyarakat,” demikian Jerri.

Baca juga: PT SEM bantu pembangunan mushala di Bartim

Baca juga: PT SEM bantu warga koban banjir di Bartim

Baca juga: PT SEM ikut bantu percepatan vaksinasi di Bartim