Legislator Barsel dorong pemkab pacu promosi sektor budpar

id Dprd barsel, promosi seni dan budaya, pariwisata daerah, ideham, potensi wisata barito selatan, buntok, budpar, kalteng

Legislator Barsel dorong pemkab pacu promosi sektor budpar

Anggota DPRD Barito Selatan Ideham. (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Legislator Barsel Dorong Pemka (ANTARA) -
Kalangan DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah terus mendorong pemerintah kabupaten untuk memacu promosi sektor kebudayaan dan pariwisata di daerah setempat.


 


“Kami menyarankan pemkab melalui dinas terkait terus mempromosikan seni dan budaya serta objek wisata yang ada di daerah ini,” kata Legislator Barito Selatan Ideham saat dihubungi dari Buntok, Rabu.


 


Dikatakannya, seni dan budaya serta objek wisata di Barito Selatan ini perlu terus dipromosikan agar semakin dikenal masyarakat secara luas.


 


“Dengan demikian, bisa menarik wisatawan domestik maupun mancanegara ke kabupaten berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini,” ucap politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) Barito Selatan itu.


 


Selain memperkenalkan seni dan budaya lanjut dia, dirinya juga mendukung langkah dinas terkait yang terus menggali potensi pariwisata yang tersebar di enam kecamatan.


 


“Kita mendukung kebijakan pemerintah kabupaten setempat yang terus menggali potensi pariwisata yang ada di daerah ini,” tambah dia.


 


Karena lanjut Ideham, potensi pariwisata yang ada di sejumlah kecamatan di daerah ini ada dan perlu digali kembali dalam upaya memajukan sektor tersebut.


 


Beberapa waktu lalu pihaknya bersama dinas terkait dan anggota DPRD Barito Selatan melaksanakan kunjungan ke tempat yang memiliki potensi wisata di wilayah Kecamatan Jenamas dan Dusun Hilir.


 


“Adapun beberapa tempat potensi wisata yang kami kunjungi yakni pusat kerajinan masyarakat berbahan baku eceng gondok di Kelurahan Rantau Kujang, Kecamatan Jenamas,” terangnya.


 


Kemudian pihaknya juga berkunjung ke pusat pengembangan peternakan kerbau rawa di Desa Tampulang yang juga berada di Kecamatan Jenamas.


 


Sedangkan potensi wisata yang dikunjungi di Kecamatan Dusun Hilir yakni di kawasan ekosistem air hitam yang berada di Desa Muara Puning, Batilap dan Batampang.


 


“Potensi wisata kerbau rawa yang ada di Desa Tampulang dan wisata ekosistem air hitam, kedua destinasi wisata tersebut tidak terdapat di daerah lain di Indonesia,” terangnya.


 


Untuk itu, masyarakat patut berbangga dengan potensi alam yang ada dan mendukung kebijakan yang dilakukan Disporabudpar Barito Selatan ini.


 


“Kami meminta semua pemangku kepentingan yang ada di Barito Selatan ini agar ikut membantu mengembangkan potensi wisata yang ada di daerah, sebab potensi wisata kita tidak kalah dengan daerah-daerah lainnya,” demikian Ideham.