Kadin Kotim diminta tingkatkan pembinaan UMKM bantu percepatan pemulihan ekonomi

id Kadin Kotim diminta tingkatkan pembinaan UMKM bantu percepatan pemulihan ekonomi, kalteng kadin kotim, Susilo, bupati kotim, Halikinnor, Sampit, koti

Kadin Kotim diminta tingkatkan pembinaan UMKM bantu percepatan pemulihan ekonomi

Bupati Halikinnor meninjau sejumlah stan UMKM saat saat peringatan Hari Krida Pertanian ke-50 di kantor Dinas Pertanian Kotawaringin, Senin (13/6/2022) lalu. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, Halikinnor meminta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) membantu percepatan percepatan pemulihan ekonomi, salah satunya dengan meningkatkan pembinaan terhadap pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). 

"Kami berharap Kadin lebih meningkatkan lagi pembinaan terhadap UMKM. Periode pertama Kadin dipimpin Pak Susilo sudah bagus, di periode kedua ini diharapkan lebih bagus lagi," kata Halikinnor di Sampit, Jumat. 

Halikinnor memberi perhatian serius terhadap sektor UMKM. Sektor ini diharapkan dapat menjadi bagian dari percepatan pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19 ini. 

Sektor UMKM bersentuhan langsung dengan masyarakat kecil. Untuk itulah ekonomi kerakyatan ini perlu mendapat dukungan semua pihak. 

Peluang UMKM dinilai cukup besar karena beragam potensi yang dimiliki daerah ini. Berbagai event yang digelar pemerintah daerah juga menjadi upaya untuk memberikan dampak positif terhadap sektor UMKM. 

Baca juga: PGRI Kotim berharap sekolah pertahankan guru eks tenaga kontrak

Kadin dinilai mempunyai peran strategis dalam pembinaan dan pengembangan UMKM. Untuk itu Kadin selalu mitra strategis pemerintah diharapkan meningkatkan dukungan dalam pembinaan UMKM. 

Halikinnor mengaku senang dengan geliat sektor UMKM. Seperti Bazar UMKM Harati pekan lalu, panitia menyebutkan bahwa perputaran uang selama kegiatan mencapai Rp25 miliar. 

Dia menilai capaian itu cukup luar biasa sekaligus menggambarkan mulai pulihnya perekonomian masyarakat. Tren positif ini harus didukung semua pihak agar sektor UMKM semakin berkembang sehingga turut mempercepat pemulihan ekonomi. 

"Saya yakin Kadin dapat terus berkontribusi besar dalam pembinaan UMKM. Kita tahu bagaimana kepemimpinan Pak Susilo. Beliau kembali terpilih menjadi ketua Kadin. Ketua baru tapi stok lama. Beliau sudah berpengalaman," ujar Halikinnor. 

Halikinnor juga memuji peran Kadin dalam mendorong investasi di daerah ini, salah satunya belum lama ini memfasilitasi hadirnya investor yang membangun pabrik pengolahan limbah medis. Dukungan besar Kadin tersebut dinilai sangat bermanfaat besar bagi daerah dan masyarakat.

Baca juga: Masyarakat di utara Kotim kembali waspadai banjir

Baca juga: KNPI Kotim minta pemkab fasilitasi eks tenaga kontrak dapatkan pekerjaan

Baca juga: Bupati Kotim: Kemajemukan jadi kekuatan membangun daerah

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2022